Pengusaha Dukung Harga BBM Naik Asal Daya Beli Masyarakat Terjaga

Desy Setyowati
19 Juni 2017, 16:05
BBM solar AK
Arief Kamaludin|KATADATA
Petugas pengisian bahan bakar melayani pembeli di sebuah SPBU di Jakarta.

Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) tidak mempersoalkan rencana pemerintah menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi. Namun, pemerintah harus memastikan daya beli masyarakat terjaga pasca kenaikan harga.

“Kami sih enggak ada masalah (kalau harga BBM naik). Cuma yang bolak-balik jadi masalah adalah daya beli masyarakat,” kata Ketua Apindo Haryadi Sukamdani kepada Katadata, akhir pekan lalu (18/6). (Baca juga: Pertamina Rugi Rp 9,2 Triliun Jual Premium dan Solar Sejak Awal 2017)

Advertisement

Menurut Hariyadi, kenaikan harga BBM bakal memperbesar biaya distribusi. Alhasil, harga barang meningkat. Namun, bila pemerintah mampu menjaga daya beli mayarakat semestinya belanja tidak menurun sehingga membuat kinerja industri tertekan.

Ia pun memahami, kenaikan harga BBM harus dilakukan agar Anggaran Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tidak ‘jebol’ oleh biaya subsidi yang membengkak. Bila biaya subsidi terlalu besar, ia khawatir anggaran untuk pembangunan infrastruktur justru menurun. Padahal, hal tersebut bisa mendorong ekspansi industri.

Sejauh ini, ia menilai daya dorong pengusaha untuk berekspansi belum terlihat. Hal itu mengacu pada penjualan industri retail yang secara tahunan tercatat menurun 20 persen pada kuartal I 2017, dari sebesar Rp 40 triliun pada periode sama tahun lalu. 

Haryadi pun mengusulkan agar pemerintah menekan biaya lainnya, supaya kenaikan harga BBM tak terlalu memukul industri. Penurunan biaya yang dimaksud yakni terkait bongkar muat barang di pelabuhan. Alasannya, meski waktu bongkar muat menurun, tapi biayanya menjadi mahal. (Baca juga: Ekonom Proyeksi Beragam Kenaikan Harga BBM Pasca Lebaran)

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menduga adanya permainan yang membuat biaya bongkar muat menjadi mahal. “Dwelling time turun, tapi kami belum puas karena kami cek cost-nya (biayanya) tinggi. Sepertinya ada permainan. Saya akan lihat struktur cost-nya, supaya tahu mana yang harus dikurangi,” kata dia.

Di sisi lain, Kepala Ekonom Bank Mandiri Anton Gunawan berpendapat, suka tidak suka, kenaikan harga BBM pasti mempengaruhi daya beli masyarakat. Maka itu, pemerintah perlu menambah bantuan langsung tunai untuk menjaga daya beli masyarakat miskin. “Mau nggak mau itu terefleksikan ke dalam konsumsi. Tapi kami melihat ada perubahan yang tidak terlalu jauh,” ujar Anton.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement