Kemenhub: 80 Persen Armada Mudik Selesai Uji Kelayakan

Image title
3 Juni 2017, 07:00
Kereta mudik
ANTARA FOTO/Irsan Mulyadi
Petugas KAI memeriksa lokomotif di Dipo Lok Besar A Medan, Sumatera Utara, 9 Mei 2017. Lokomotif ini untuk menunjang angkutan mudik Lebaran 2017 menggunakan kereta api.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyatakan sebanyak 80 persen transportasi massal untuk mudik Lebaran telah menjalani uji kelayakan alias ramp check. Kemenhub bakal terus melakukan uji kelayakan untuk memastikan seluruh moda transportasi mudik – darat, laut, udara ­– dalam keadaan prima.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Pudji Hartanto mengatakan pihaknya bakal menggelar ramp check hingga 10 hari jelang Lebaran. “Kami minta bantuan ke dinas Perhubungan,” ucapnya usai diskusi media forum merdeka barat di Galeri Nasional Indonesia, Jumat (2/6).

Ia memaparkan, ramp check terhadap bis telah mencapai 80 persen dari total 48.790 bis. Ramp check dilakukan sejak 17 April di 7 terminal di pulau Jawa dan 7 lainnya di luar pulau Jawa. Selain itu, ramp check juga dilakukan di seluruh terminal penumpang tipe A. (Baca juga: Pertamina Siap Antarkan BBM untuk Pengendara Terjebak Macet Mudik)

Dalam pelaksanaannya, Pudji mengatakan banyak armada yang membandel. Namun ia meyakinkan, pihaknya akan menindak tegas armada yang tidak lulus atau belum ramp check. Pihaknya bakal mengeluarkan larangan beroperasi pada 15 Juni mendatang.

“Yang tidak layak (kami) suruh dia perbaiki dan ramp check lagi, kalau sudah lulus baru ada sticker, (kalau belum) tidak boleh, kami suruh tidur,” kata dia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...