Terseret Korupsi Alkes, Amien Rais Akui Terima Uang Soetrisno Bachir

Miftah Ardhian
2 Juni 2017, 13:39
amien rais
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
Politisi Senior PAN Amien Rais (tengah) memberikan keterangan kepada awak media tentang aliran dana kasus korupsi pengadaan alat kesehatan, di Jakarta, Jumat (2/6).

Nama Amien Rais terseret aliran dana kasus dugaan korupsi proyek pengadaan alat kesehatan di Kementerian Kesehatan. Pendiri Partai Amanat Nasional (PAN) ini mengakui pernah menerima transfer dana dari Yayasan Soetrisno Bachir sebesar Rp 600 juta pada 2007 silam. Dana itu diklaim sebagai bantuan dari sahabat untuk kegiatan operasionalnya. 

"Pada waktu itu, Soetrisno Bachir mengatakan akan memberikan bantuan keuangan untuk tugas operasional saya untuk semua kegiatan, sehingga tidak membebani pihak lain," ujar Amien saat konferensi pers di Rumahnya, Gandaria, Jakarta (2/6).

Menurut dia, bantuan yang diberikan Soetrisno kepada dirinya merupakan hal yang wajar. Alasannya, keduanya sudah bersahabat lama bahkan sebelum PAN berdiri di tahun 1998. Amien mengatakan, sebagai pengusaha yang cukup sukses pada masa itu, Soetrisno memang selalu memberikan bantuan pada berbagai kegiatannya, baik kegiatan sosial maupun kegiatan keagamaan. 

Sebelumnya, dalam sidang tuntutan dugaan korupsi proyek pengadaan alat kesehatan di Kementerian Kesehatan dengan terdakwa mantan Menteri Kesehatan Siti Fadilah Supari, Jaksa Penuntut Umum KPK menyebutkan, dana keuntungan dari proyek tersebut juga mengalir ke rekening Amien Rais. 

Menurut Jaksa KPK, rekening Amien Rais tercatat menerima enam kali transfer dana hasil korupsi pengadaan proyek tersebut dengan nominal masing-masing Rp 100 juta. Rekening Amien Rais tercatat pertama kali menerima pada 15 Januari 2007. Kemudian dilanjutkan pada 13 April 2007, 1 Mei 2007, 21 Mei 2007, 13 Agustus 2007, dan 2 November 2007. Alhasil, ia diduga ikut memperoleh keuntungan sebesar Rp 600 juta.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...