Pidato di Amerika, Sri Mulyani Akan Bangkitkan Sektor Manufaktur

Martha Ruth Thertina
21 April 2017, 18:23
Manufaktur
Donang Wahyu|KATADATA

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan keseriusan pemerintah Indonesia dalam menghidupkan lagi sektor manufaktur. Sebab, sektor tersebut merupakan kontributor utama pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Menurut dia, sektor manufaktur berkontribusi besar dalam meningkatkan produktivitas domestik yang berperan dalam menyokong pertumbuhan ekonomi jangka panjang. Maka itu, pemerintah telah merancang sederet strategi guna mendorong sektor manufaktur. (Baca juga: Ekonomi Membaik, Bank Dunia Ramal Kemiskinan di Indonesia Susut)

"Produktivitas di sektor manufaktur telah mendukung pertumbuhan TFP (Total Factor Productivity/produktivitas menyeluruh) di Indonesia, namun secara keseluruhan pertumbuhannya masih rendah,” kata dia saat memberikan sambutan dalam Seminar East Asia Pacific Department (EAP) on Unleashing Productivity di Kantor Bank Dunia, Washington D.C., Amerika Serikat, seperti dikutip dalam siaran pers, Jumat (21/4).

Ia pun memaparkan strategi-strategi yang sudah ditempuh pemerintah untuk menghidupkan kembali sektor manufaktur. Strategi yang dimaksud yaitu memfasilitasi pertumbuhan industri pendukung; memperbaiki infrastruktur: jalan, pelabuhan dan energi; meningkatkan iklim investasi; dan  mengoptimalkan industri nasional untuk bergabung dengan global value chain (rantai jaringan produksi global).

Selain itu, deregulasi yang berkelanjutan dalam bidang logistik dan distribusi; menjamin ketersediaan faktor pendukung produksi dengan harga yang kompetitif, khususnya energi; penyediaan tenaga kerja yang terampil untuk meningkatkan produktivitas subsektor manufaktur; serta meningkatkan pendidikan melalui pendidikan konvensional dan kejuruan. (Baca juga: Demi Jual iPhone 7 di Indonesia, Apple Investasi Rp 585 Miliar)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...