Bappenas Lihat 3 Kunci Sukses Inovasi Pembangunan di Daerah

Desy Setyowati
11 Januari 2017, 15:10
Bambang Brodjonegoro
Arief Kamaludin|KATADATA
Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) Bambang Brodjonegoro meminta kepala daerah kreatif membuat program pengembangan daerah. Jangan hanya mengandalkan program-program besutan pemerintah pusat.

Ia mengungkapkan, banyak kepala daerah yang mendatangi kantornya untuk meminta penyelenggaraan proyek di wilayahnya. Tujuannya agar daerah mereka mendapat anggaran dari pemerintah pusat. Padahal, menurut Bambang, daerah bisa berinovasi untuk menyejahterakan masyarakatnya tanpa meminta bantuan lebih kepada pemerintah pusat.

Ia mencontohkan, beberapa inovasi program yang dimotori pemerintah daerah yaitu homecare roto rota di Makassar, anugerah inovasi dan prakarsa di Jawa Barat, smart city di Bandung dan smart kampung di Banyuwangi. Inovasi semacam ini, semestinya bisa ditiru oleh kepala daerah lain.

(Baca juga: Dana Daerah Nganggur, Bappenas-Mendagri Kirim Surat Edaran)

“Jadi bukan yang harus high tech atau scientific. Ini inovasi di kebijakan publik karena kepala daerah yang paham masyarakatnya seperti apa, kemampuannya apa. Inovasi tidak harus yang besar mulai dari yang simpel,” ujar dia dalam seminar nasional bertajuk "Pembangunan Inovatif, Pemimpin Kreatif, dan Daerah Kompetitif" di Jakarta, Rabu (11/1).

Lebih jauh, Bambang mengungkapkan, ide dari daerah pun ada yang ditiru pemerintah pusat. Misalnya, ide pelayanan terpadu satu pintu (PTSP) untuk mengatasi berbelitnya perizinan untuk investor. Ide ini ditiru Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...