Jokowi Lantik Pimpinan Baru PPATK, Kiagus Badaruddin dan Dian Rae

Kiagus pernah menjabat Kepala Biro Perencanaan dan Keuangan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada 2003.
Martha Ruth Thertina
26 Oktober 2016, 09:26
Joko Widodo
Intan|Biro Pers Setpres

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Kiagus Badaruddin dan Dian Ediana Rae sebagai Kepala dan Wakil Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) yang baru. Rencananya, Presiden akan melantik mereka di Istana Negara, Jakarta, sekitar pukul 10.00 WIB, Rabu pagi (26/10) ini.

Acara pelantikan Ketua PPATK yang baru itu masuk dalam agenda resmi kegiatan Presiden, hari ini. Beberapa sumber yang dihubungi Katadata juga membenarkan informasi penunjukan Kiagus dan Dian sebagai duet baru pimpinan PPATK. "Pagi ini dilantik. Kepala Bapak Kiagus Ahmad Badaruddin, mantan Irjen Kementerian Keuangan. Wakilnya Dian Ediana Rae dari Bank Indonesia (BI)," ujar sumber Katadata di pemerintahan, Rabu (26/10).

Kiagus menggantikan Kepala PPATK Muhammad Yusuf, yang masa tugasnya juga tepat berakhir tanggal 26 Oktober ini. Sedangkan Dian menggantikan posisi Wakil Kepala PPATK Agus Santoso. Masa tugas mereka selama lima tahun ke depan. (Baca: Jokowi Didesak Angkat Kepala PPATK Baru Berekam Jejak Teruji)

Sebelumnya, Kiagus menjabat sebagai Inspektur Jenderal Kementerian Keuangan. Master dari University of Illinois ini juga pernah menjalani karier sebagai Sekretaris Direktorat Jenderal Perbendaharaan, Staf Ahli Bidang Pengeluaran Negara, dan Sekretaris Jenderal Kementerian Keuangan sebelum berujung sebagai Irjen.

Advertisement

Pria kelahiran 29 Maret 1957 ini, bahkan pernah diangkat sebagai Kepala Biro Perencanaan dan Keuangan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada 2003. Pada 2006, dia kembali ke Kementerian Keuangan dengan menjabat Direktur Sistem Perbendaharaan, Direktorat Jenderal Perbendaharaan.

(Baca: PPATK Minta Dilibatkan dalam Proses Seleksi Anggota BPK)

Sementara Dian, sebelumnya menjabat Kepala Departemen Regional I BI. Pada 2013, dia sempat menduduki jabatan Kepala Kantor Perwakilan (KPw) BI Wilayah VI yakni Banten, Jawa Barat. Setahun kemudian, dia menempati posisi baru sebagai Kepala Koordinator BI wilayah Sumatera.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait