Rencana Investasi Rp 342 Triliun Terhambat, BKPM Gandeng Polri

Miftah Ardhian
19 September 2016, 14:18
Tom Lembong
Arief Kamaludin|KATADATA
Kepala BKPM Thomas Trikasih Lembong

Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) melibatkan pihak kepolisian untuk mengamankan proses penanaman modal dari pusat hingga ke daerah. Dengan cara itu diharapkan investor merasa aman untuk menanamkan modalnya di Indonesia.

Kepala BKPM Thomas Trikasih Lembong mengatakan, pihaknya memfasilitasi 95 proyek investasi yang menghadapi masalah(debottlenecking). Nilainya mencapai Rp 487 triliun. Dari jumlah tersebut, baru 34 proyek senilai Rp 145 triliun yang masalahnya sudah bisa difasilitasi dan diatasi oleh BKPM.

Artinya, masih ada 61 proyek investasi senilai Rp 342 triliun yang masih terhambat alias mangkrak. Menurut Tom Lembong, panggilan akrabnya, kendala yang dihadapi investor di antaranya terkait masalah keamanan.

Jadi, dia berharap kerjasama dan koordinasi antara BKPM dengan kepolisian yang lebih erat dapat menyelesaikan masalah hambatan realisasi investasi tersebut. "Diharapkan target realisasi investasi Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) dan Penanaman Modal Asing (PMA) tahun 2016 sebesar Rp 594,8 triliun dan tahun 2017 sebesar Rp 631,5 triliun  dapat tercapai," katanya dalam sambutan acara Investor Forum bertajuk "Jaminan Keamanan Berinvestasi" di kantor BKPM, Jakarta, Senin (19/9).

(Baca juga: Kejar Target Pertumbuhan Ekonomi, Darmin Mengandalkan Investasi)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...