Pertamina Mulai Gunakan SF-05 untuk Dukung Pengeboran di Blok Mahakam

Sebelumnya, Pertamina telah mengekspor produk SF-05 ke Aljazair untuk mendukung pengeboran sumur minyak di negara tersebut.
Image title
Oleh Verda Nano Setiawan
24 Oktober 2019, 16:57
Pertamina, Blok Mahakam
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso
Blok Mahakam

Pertamina mulai menggunakan cairan fluida SF-05 untuk kegiatan pengeboran di Blok Mahakam, Kalimantan. SF-05 akan digunakan pada lima sumur di Blok Mahakam yang dibor pada periode Oktober 2019 hingga Februari 2020.

SF 05 merupakan base oil untuk menunjang kegiatan pengeboran minyak. Sebelumnya, Pertamina telah mengekspor produk SF-05 ke Aljazair.

Direktur Pemasaran Korporat Pertamina Basuki Trikora Putra mengatakan, penggunaan SF-05 ini merupakan bentuk sinergi bisnis antara Direktorat Pemasaran Korporat, RU V Balikpapan dan Pertamina Hulu Mahakam (PHM) sebagai pengelola Blok Mahakam.

“(Penggunaan SF-05) telah mendapatkan persetujuan SKK Migas baik secara teknis maupun komersial,” kata dia seperti dikutip dari keterangan persperusahaan, Kamis (24/10).

(Baca: Gandeng Schlumberger, Elnusa Raih Kontrak US$ 95,6 Juta di Mahakam)

Kebutuhan SF05 untuk Blok Mahakam mencapai 1.500 kilo liter (KL), yang akan dikirimkan dalam tiga tahap. Tahap pertama sebesar 700 KL, kemudian 400 KL pada pertengahan November 2019, dan terakhir sebanyak 400 KL pada Desember 2019.

Basuki menjelaskan, Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) pada produk SF-05 mencapai 57% dan telah memenuhi ketentuan Peraturan Menteri ESDM Nomor 15 Tahun 2013 tentang penggunaan produk dalam negeri pada kegiatan usaha hulu minyak dan gas bumi, sinergi perusahaan, dan anak perusahaan.

Penggunaan produk dalam negeri untuk kegiatan hulu migas disambut positif SKK Migas. Kepala Divisi Pengelolaan Rantai Suplai Analisis Biaya SKK Migas Widi Santuso mengatakan peningkatan penggunaan produk dalam negeri menciptakan efek berantai bagi perekonomian nasional, termasuk daerah operasi kegiatan usaha hulu migas.

(Baca: SKK Migas Prediksi Potensi Cadangan Gas Blok Mahakam Masih Ada 10 TCF)

Secara khusus, penggunaan SF-05 juga diharapkan dapat mengurangi biaya operasi Pertamina. “Hasil uji coba produk SF ini diharapkan menunjukkan kinerja yang baik sehingga dapat menjadi pengganti bagi produk sejenis dari luar negeri yang masih digunakan saat ini," kata Widi.

Video Pilihan

Artikel Terkait