Bursa Dilanda Jenuh Jual, Analis Prediksi IHSG Hari Ini Naik Lagi

Saham bank dan perusahaan konstruksi milik pemerintah masuk rekomendasi.
Image title
Oleh Ihya Ulum Aldin
26 September 2019, 06:37
IHSG hari ini, rekomendasi saham hari ini
Arief Kamaludin|KATADATA

Beberapa analis memprediksikan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) masih akan melanjutkan kenaikan pada hari ini, Kamis, 26 September 2019. Kemarin, IHSG ditutup menguat 0,14% ke level 6.146,4, setelah tertekan di zona merah hingga menjelang penutupan.

Analis Artha Sekuritas Indonesia Dennies Christoper Jordan mengatakan kenaikan IHSG kemarin didorong oleh investor yang mulai masuk ke pasar saham setelah melihat pelemahan beberapa hari terakhir. Ia menyebut investor sudah memasuki fase jenuh jual.

"Sedangkan IHSG hari ini didorong oleh investor yang masih akan memperhatikan sentimen sentimen dari perekonomian dan politik global," ujar Dennies dalam riset tertulisnya.

(Baca: Katadata Market Index: IHSG September Diprediksi Masih Bearish)

IHSG hari ini diprediksi kembali menguat dengan level resistance pertama dan kedua berada di level 6.186 hingga 6.166. Sedangkan level support pertama dan kedua perdagangan hari ini bergerak pada rentang 6.106 hingga 6.066.

Rekomendasi saham dari Dennies yaitu Perusahaan Gas Negara (PGAS), Barito Pacific (BRPT), dan Adhi Karya (ADHI).

Prediksi senada disampaikan Analis Reliance Sekuritas Indonesia Lanjar Nafi. Dia mengatakan, IHSG berpotensi menguat karena pasar tengah dalam fase jenuh jual. "Sehingga secara teknikal kami perkirakan IHSG hari ini akan mengalami penguatan pada rentan pergerakan 6.140-6.200," kata dia.

Rekomendasi saham dari Lanjar di antaranya Astra Agro Lestari (AALI), Charoen Pokphand Indonesia (CPIN), Japfa Comfeed Indonesia (JPFA), Malindo Feedmill (MAIN), Chandra Asri Petrochemical (TPIA), Barito Pacific (BRPT), Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul (SIDO), dan Indofood Sukses Makmur (INDF).

Kemudian, Gudang Garam (GGRM), H.M. Sampoerna (HMSP), Bank Negara Indonesia (BBNI), Tower Bersama Infrastructure (TBIG), Adaro Energy (ADRO), Timah (TINS), Harum Energy (HRUM), dan Medco Energi Internasional (MEDC).

Analis Binaartha Sekuritas M. Nafan Aji Gusta Utama juga melihat indikasi penguatan IHSG berlanjut hari ini. "Sehingga berpeluang menuju ke area resistance," kata dia.

Ia memprediksi level support pertama maupun kedua IHSG hari ini berada pada rentang 6.105,09 hingga 6.022,60. Sedangkan level resistance pertama maupun kedua IHSG hari ini berada pada rentang 6.154,22 hingga 6.206,20.

Rekomendasi saham dari Nafan, antara lain Astra International (ASII), Alam Sutera Realty (ASRI), Bank Central Asia (BBCA), Bank Rakyat Indonesia (BBRI), Indika Energy (INDY), dan Wijaya Karya (WIKA).

Video Pilihan

Artikel Terkait