IHSG Diprediksi Kembali Terkoreksi, Saham Tambang Direkomendasi

Tekanan jual diperkirakan masih membayangi perdagangan di bursa saham, meskipun tidak sebesar kemarin.
Image title
Oleh Ihya Ulum Aldin
24 September 2019, 06:45
IHSG hari ini, rekomendasi saham hari ini
ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto
Pegawai mengamati layar pergerakan saham di Mandiri Sekuritas, Jakarta, Senin (22/7/2019).

Beberapa analis teknikal melihat adanya potensi koreksi tipis Indeks Harga Saham Gabungan atau IHSG hari ini, Selasa, 24 September 2019. Ini artinya, IHSG berpotensi melanjutkan koreksi pada perdagangan sebelumnya yang sebesar 0,41% ke level 6.206,2.

Analis Artha Sekuritas Indonesia Dennies Christoper Jordan menjelaskan IHSG kemarin terkoreksi karena aksi jual oleh investor asing yang mencemaskan kelanjutan negosiasi dagang antara Tiongkok dan Amerika Serikat. Ia memprediksi koreksi IHSG berlanjut ke hari ini.

"Namun dorongan jual diperkirakan tidak akan setinggi hari sebelumnya," kata dia dalam riset tertulisnya.

(Baca: Katadata Market Index: IHSG September Diprediksi Masih Bearish)

Level resistance pertama dan kedua IHSG hari ini diprediksi pada level 6.268 hingga 6.237. Sedangkan level support pertama dan kedua berada pada level 6.186 hingga level 6.166.

Rekomendasi saham dari Dennies yaitu Perusahaan Gas Negara (PGAS), Aneka Tambang (ANTM), dan Vale Indonesia (INCO).

Analis Binaartha Sekuritas M. Nafan Aji Gusta Utama juga meramalkan IHSG hari ini bakal terkoreksi. "Masih adanya potensi pelemahan pada pergerakan IHSG hari ini sehingga berpeluang menuju ke level support terdekat," kata dia.

Level support pertama maupun kedua IHSG hari ini diprediksi berada pada rentang 6.149,02 hingga 6.119,47. Sedangkan resistance pertama maupun kedua berada pada rentang 6.239,00 hingga 6.282,06.

Rekomendasi saham dari Nafan antara lain Alam Sutera Realty (ASRI), Bank Negara Indonesia (BBNI), Bumi Serpong Damai (BSDE), Charoen Pokphand Indonesia (CPIN), Medco Energi Internasional (MEDC), dan PP Properti (PPRO).

Di sisi lain, Analis Reliance Sekuritas Indonesia Lanjar Nafi memperkirakan IHSG hari ini berpotensi menguat. "IHSG hari ini akan melakukan teknikal rebound tepat di atas level 6.200 dengan level support-ressitance 6.200-6.305," kata dia.

Saham-saham yang masih dapat dicermati secara teknikal di antaranya Tunas Baru Lampung (TBLA), Unilever Indonesia (UNVR), Bank Permata (BNLI), Buyung Poetra Sembada (HOKI), Tower Bersama Infrastructure (TBIG).

Sedangkan saham yang direkomendasi Lanjar yaitu Indo Tambangraya Megah (ITMG), Timah (TINS), Harum Energy (HRUM), Aneka Tambang (ANTM), Vale Indonesia (INCO), Waskita Karya (WSKT), Alam Sutera Realty(ASRI), AKR Corporindo (AKRA), dan Mitra Adiperkasa (MAPI).

 

Video Pilihan

Artikel Terkait