Masa Penawaran Segera Berakhir, Kuota ST003 Tersisa Rp 3,7 Triliun

ST003 dianggap menguntungkan lantaran investor bisa berinvestasi Rp 1 juta dengan tingkat kupon minimal 8,15%, ini jauh di atas bunga tabungan.
Image title
14 Februari 2019, 17:11
Rupiah
Donang Wahyu|KATADATA
Masyarakat bisa berinvestasi minimal Rp 1 juta pada sukuk tabungan seri 003 atau ST003.

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mencatat, penjualan surat utang negara syariah atau sukuk tabungan seri 003 (ST003) baru mencapai Rp 1,3 triliun hingga Rabu (13/2). Ini artinya, masih tersisa kuota Rp 3,7 triliun. Adapun masa penawaran atas surat utang negara tersebut akan berakhir dalam waktu kurang dari sepekan tepatnya pada 20 Februari 2019.

Kemenkeu menetapkan kuota maksimal penjualan ST003 sebesar Rp 5 triliun dengan target indikatif sebesar Rp 2 triliun. Ini artinya bukan hanya kuota penjualan yang tersisa banyak tapi juga target indikatif belum tercapai. Penjualan ST003 juga masih di bawah realisasi sukuk tabungan seri sebelumnya yaitu ST002 yang mencapai Rp 4,9 triliun hingga akhir masa penawarannya.

Tingkat kupon yang lebih rendah bisa jadi salah satu faktor yang memengaruhi antusiasme masyarakat. Kemenkeu menawarkan tingkat kupon minimal sebesar 8,15% untuk ST003, yang diperoleh dari bunga acuan BI 7 days Reverse Repo Rate yang kini di level 6% ditambah fixed spread sebesar 2,15%. Tingkat kupon disesuaikan setiap tiga bulan.

(Baca: Dengan Rp 1 Juta, Milenial Bisa Investasi di Surat Utang Syariah ST003)

Advertisement

Sementara itu, pada November tahun lalu, Kemenkeu menawarkan tingkat kupon minimal 8,3% untuk ST002. Ini dengan perhitungan bunga acuan BI ketika itu 5,75% ditambah fixed spread 2,55%. Seiring penyesuaian tiga bulanan, kini tingkat kuponnya sebesar 8,55%, mengalahkan tingkat kupon minimal ST003.

Meski begitu, Ekonom Samuel Aset Manajemen Lana Soelistianingsih menilai ST003 masih menguntungkan sebagai instrumen investasi. "Ini menjadi kompetitor untuk produk tabungan atau deposito perbankan," ujarnya.

ST003 menguntungkan lantaran investor dapat berinvestasi dengan minimal Rp 1 juta dengan tingkat kupon minimal 8,15%. Bila dana tersebut ditempatkan pada simpanan perbankan, bunga tabungan hanya berkisar 1% sebelum dipotong biaya admin bank dan pajak.

(Baca: Sukuk Global Indonesia US$ 2 Miliar Laris, Oversubscribed 3,8 Kali)

Adapun ST003 bisa dibeli secara online melalui sistem elektronik yang disediakan para mitra distribusi. Kemenkeu bekerja sama dengan 11 mitra distribusi, yang terdiri dari enam bank yaitu PT Bank Rakyat Indonesia Tbk, PT Bank Rakyat Indonesia Syariah Tbk, PT Bank Central Asia Tbk, PT Bank Tabungan Negara Tbk, PT Bank Mandiri Tbk, PT Bank Mandiri Syariah Tbk, PT Bank Negara Indonesia Tbk, PT Bank Permata Tbk.

Kemudian, dua perusahaan efek yaitu PT Trimegah Sekuritas Tbk dan PT Bareksa serta Tanamduit. Kemudian, perusahaan teknologi finansial (financial technology/fintech) yaitu PT Investree dan Modalku.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait