Tutup Sepekan, Kantor Cabang Bank Beroperasi Terbatas Jumat Ini

Sejumlah kantor cabang bank membuka layanan terbatas pada Jumat (30/6) seiring mulai beroperasinya Bank Indonesia (BI).
Martha Ruth Thertina
30 Juni 2017, 10:53
Bank
Agung Samosir | Katadata

Sejumlah kantor cabang bank memberikan layanan secara terbatas pada Jumat (30/6) ini. Sebelumnya, sebagian besar bank menutup seluruh layanan di kantor cabangnya mulai Jumat (23/6) seiring berlangsungnya cuti bersama Lebaran.

Mengacu pada siaran pers Bank Central Asia (BCA), sebanyak 157 kantor cabang BCA di seluruh Indonesia beroperasi terbatas mulai pukul 08.00 – 15.00 WIB. Kantor cabang bisa melayani semua jenis transaksi, termasuk Real Time Gross Settlement (RTGS) dan Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI).

BCA juga sudah kembali mengoperasikan layanan weekend banking pada Sabtu (1/7) dan Minggu (2/7). Adapun, seluruh layanan BCA kembali beroperasi normal mulai Senin (3/7). Sebelumnya, seluruh kantor cabang BCA tutup mulai Jumat (23/6). (Baca juga: BI "Libur Lebaran" 23-29 Juni, Kantor Bank Setop Operasi Satu Pekan)

Bank CIMB Niaga juga memberlakukan ketentuan yang hampir sama. Pada Jumat ini, sebanyak 99 kantor cabangnya beroperasi. Layanan terbatas yang disediakan meliputi transaksi tunai, transaksi non-tunai seperti overbooking, kliring, RTGS, outgoing transfer valuta asing (valas) dan penukaran valas, setoran pajak, serta layanan pembukaan rekening.

Layanan weekend banking yang berlokasi di mal juga akan kembali beroperasi pada Sabtu (1/7) dan (2/7). Sementara itu, Digital Lounge CIMB Niaga yang berada di mal beroperasi terus sepanjang libur Lebaran.

Sekitar 35 kantor cabang Bank OCBC NISP juga mulai beroperasi pada Jumat ini, setelah seluruh cabangnya tutup sejak Jumat (23/6).  

Sementara itu, sejumlah kantor cabang Bank Negara Indonesia (BNI) sudah duluan beroperasi secara terbatas sejak Senin (26/6). Adapun, pada Jumat ini, sebanyak 204 outlet BNI di seluruh Indonesia beroperasi mulai pukul 08.00-16.00.

Selanjutnya, pada Sabtu (1/7) dan Minggu (2/7), sebanyak 75 outlet membuka layanan weekend banking mulai pukul 10.00-16.00. Outlet yang akan dibuka berlokasi di pusat kota dan mal.

Aktivitas bank pada Jumat ini seiring dengan mulai beroperasinya Bank Indonesia (BI) secara terbatas. Layanan yang diberikan BI pada Jumat ini BI-RTGS dan Scripless Securities Settlement System (BI-SSSS). Selain itu, seluruh kegiatan SKNBI dan mekanisme penyediaan pendanaan awal (prefund) untuk kliring debit dan kliring kredit juga dilaksanakan sesuai jadwal.

Sementara itu, kegiatan layanan kas beroperasi secara terbatas. Di sisi lain, operasi moneter rupiah hanya akan dilakukan untuk fasilitas simpanan dan pinjaman (deposit facility dan lending facility), sedangkan seluruh transaksi operasi moneter valas masih ditiadakan.

Video Pilihan

Artikel Terkait