Bima Arya Sembuh dari Covid-19, Diizinkan Pulang dari Rumah Sakit

Bima direkomendasikan untuk tetap mengikuti prosedur isolasi mandiri: harus tetap berada di kamar khusus dan selalu memakai masker.
Muchamad Nafi
11 April 2020, 20:29
Bima Arya Sembuh dari Covid-19, Diizinkan Pulang dari Rumah Sakit
ANTARA FOTO/Arif Firmansyah
Ilustrasi. Wali Kota Bogor Bima Arya (kiri) bersalaman dengan sejumlah peserta saat prosesi wisuda Sekolah Ibu di GOR Indoor Basket Pajajaran, Kota Bogor, Jawa Barat, Selasa (26/11/2019).

Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto yang menjalani perawatan di ruang isolasi Rumah Sakit Umum Daerah Kota Bogor hari ini dinyatakan sehat. Dia diizinkan pulang oleh tim dokter setelah terkonfirmasi positif Covid-19 sejak 22 hari lalu.

Direktur RSUD Kota Bogor, Ilham Chaidir, membenarkan kabar izin Bima Arya untuk kembali ke rumahnya. “Tim dokter yang merawatnya menyatakan Pak Bima Arya sudah sehat secara klinis, dan dengan pertimbangan-pertimbangan untuk mempercepat pemulihan,” kata Ilham di Kota Bogor, Sabtu, (11/4).

Menurut Ilham, kondisi Bima Arya terus membaik dengan perubahan sangat signifikan. “Pak Bima akan melanjutkan isolasi mandiri di rumah. Hasilnya bisa lebih baik, karena lebih rileks, sehingga dapat proses pemulihan bisa lebih cepat,” ujarnya.

Walau sudah di rumah, Bima direkomendasikan untuk tetap mengikuti prosedur isolasi mandiri penanganan virus corona. Selain itu tidak perlu lagi didampingi perawat. Namun tetap dibekali obat-obatan dan harus diminum sesuai aturan.

Advertisement

(Baca: Warga Belum Patuh, Positif Corona di RI Tambah 330 jadi 3.842 Kasus)

Isolasi mandiri yang dijalani Bima Arya, kata Ilham, di antaranya yaitu harus tetap berada di kamar khusus dan selalu memakai masker. Selain itu mesti rajin mencuci tangan menggunakan sabun, rileks, dan mengkonsumsi makanan bergizi tinggi.

Sementara itu, Bima Arya menyatakan kondisinya terus stabil dan membaik. “Alhamdulillah. Setelah 22 hari dirawat di RSUD, hari ini, tim dokter RSUD membolehkan saya untuk pulang dan melanjutkan isolasi secara mandiri di rumah sambil menunggu hasil swab,” katanya.

Pada kesempatan tersebut Bima mengucapkan terima kasih kepada dokter, perawat, dan semua pihak yang telah membantu pemulihannya. “Saya kehabisan kata-kata untuk mengucapkan terima kasih kepada seluruh tim medis dan non-medis di RSUD, yang dengan super sabar dan ekstra berani telah merawat saya,” ujarnya.

Bima juga mengingatkan warga Kota Bogor untuk terus mengikuti arahan dari pemerintah. Hal ini terutama terkait pembatasan fisik atau physical distancing dan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Pertama kali dinyatakan positif terkena virus corona, Bima Arya sudah mengimbau warga Bogor untuk menjaga kesehatan dan berhati-hati. Melalui akun @bimaaryasgiarto, dia bercerita ketika itu mendapat telepon dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil guna menyampaikan hasil tes Covid-19 yang dilakukan dua hari sebelumnya. Bima dinyatakan positif meski tak merasakan gejala signfikan.

(Baca: Istri Bima Arya Gerakkan Sejuta Masker Kain di Bogor Mengatasi Corona)

“Walau tak ada gejala signifikan, hanya batuk-batuk kecil, saya mengikuti semua protokol, mengisolasi diri dan percaya sepenuhnya pada RS Umum Kota Bogor untuk menangani ini,” kata Bima di akun Instagramnya dikutip Jumat (20/3). 

Seluruh warga Bogor diminta untuk menjaga kesehatan, menjaga jarak, dan tidak berpergian ke luar rumah. Covid-19 ini bisa mengenai siapa saja tapi juga banyak yang sembuh. Bima lantas mempercayakan penanganan Covid-19 Kota Bogor kepada Wakil Wakilota dan Pemerintah Kota selama dia menjalani perawatan.

Reporter: Antara
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait