Pemerintah Akan Perbanyak RS Universitas Layani Pasien Virus Corona

Muchamad Nafi
18 Maret 2020, 12:41
Pemerintah Akan Perbanyak RS Universitas Layani Pasien Virus Corona
ANTARA FOTO/Moch Asim/ama.
Warga antre untuk melakukan tes corona atau Covid-19 di Poli Khusus Corona Rumah Sakit Universitas Airlangga (RSUA), Surabaya, Jawa Timur, Senin (16/3/2020). Poli ini buka pukul 08.00-20.00 WIB.

Pemerintah akan memperbanyak rumah sakit universitas untuk melayani pasien yang terinfeksi virus corona. Saat ini baru dua rumah sakit perguruan tinggi yang bisa menangani penderita Covid-19 itu, yakni Universitas Indonesia dan Universitas Airlangga.

Pelaksana tugas Dirjen Dikti Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Profesor Nizam, mengatakan kedua rumah sakit itu ditetapkan oleh Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto agar melayani dan melakukan tes Covid-19. Ke depan, rumah sakit universitas yang lain dipersiapkan agar bisa melayani pasien yang terserang virus corona.

Untuk mengantisipasi penyebaran virus Covid-19 di lingkungan kampus, Nizam mengimbau perguruan tinggi segera mengambil tindakan cepat dan terukur. Saat ini, Ditjen Dikti terus merekapitulasi universitas negeri maupun swasta yang mengambil kebijakan perkuliahan dari rumah.

(Baca: Melawan Virus Corona dari Rumah)

Menurut Nizam, pembelajaran dari rumah dapat dilakukan secara synchronous melalui penggunaan video conference maupun asynchronous dengan email atau berbagai aplikasi pengirim pesan lainnya. Materi pembelajaran dapat memanfaatkan berbagai sumber daring yang sudah tersedia.

“Yang terpenting dan harus ditekankan adalah bukan libur tetapi belajar dari rumah, dengan cara daring, dengan e-learning, dan sebagainya,” kata Nizam. Hingga Senin (16/3), sekitar 65 perguruan tinggi menetapkan kebijakan perkuliahan dari rumah menyikapi tersebarnya virus corona yang telah menjadi pandemi itu.

Sebelumnya, Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir juga menyiapkan Rumah Sakit Pertamina Jaya dan Hotel Patra Comfort untuk menangani pasien positif virus corona dan orang dalam pemantauan (ODP). Kapasitas tempat tidur di RS Pertamina Jaya 65 unit.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...