Pelantikan Jokowi, Ucapan dan Harapan dari Presiden Pakistan dan Korea

Muchamad Nafi
20 Oktober 2019, 16:20
Presiden Joko Widodo (kanan) menerima buku memori jabatan dari Wakil Presiden Jusuf Kalla (kiri) dalam acara silaturahmi kabinet kerja di Istana Negara, Jakarta, Jumat (18/10/2019). Silaturahmi itu juga merupakan ajang perpisahan presiden, wakil presiden
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Presiden Joko Widodo (kanan) menerima buku memori jabatan dari Wakil Presiden Jusuf Kalla (kiri) dalam acara silaturahmi kabinet kerja di Istana Negara, Jakarta, Jumat (18/10/2019). Silaturahmi itu juga merupakan ajang perpisahan presiden, wakil presiden serta para menteri kabinet kerja yang telah bekerja sama selama lima tahun pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla.

Presiden Pakistan Arif Alvi menyampaikan ucapan selamat atas terpilihnya Joko Widodo alias Jokowi sebagai Presiden RI untuk periode kedua. Jokowi dan Ma’ruf dilantik menjadi Presiden dan Wakil Presiden 2019 – 2024 oleh Majelis Permusyawaratan Rakyat, Ahad sore ini, 20 Oktober 2019.

Menurut Alvi, terpilih kedua kali dalam negara demokrasi merupakan indikasi bahwa Jokowi telah melayani dan diakui oleh rakyat Indonesia. Dia optimistis hubungan Pakistan dan Indonesia yang telah terjalin selama ini akan terus meningkat berdasarkan nilai-nilai bersama, mencakup keyakinan, komunalitas visi dan budaya.

Advertisement

Pakistan dan Indonesia juga berjuang bersama untuk perdamaian universal berdasarkan prinsip emansipasi serta non-intervensi. “Saya percaya akan menyenangkan untuk terus bekerja dengan Presiden Joko Widodo,” kata Presiden Alvi melalui rekaman video yang dikirim oleh Kedutaan Besar Pakistan di Jakarta, Minggu (20/10/2019).

Awal Oktober lalu, Duta Besar Pakistan untuk Indonesia Abdul Salik Khan menyatakan sejumlah bidang akan menjadi fokus peningkatan hubungan bilateral kedua negara. Selain ingin memperkuat kerja sama pembangunan sumber daya manusia, yang juga fokus pemerintahan Jokowi-Ma’ruf, Pakistan ingin mempererat kerja sama bidang ekonomi dan pariwisata.

(Baca: Sebelum Pelantikan, Jokowi dan 5 Tamu Negara Bahas Kerja Sama Ekonomi)

Sementara itu, Presiden Korea Selatan Moon Jae-in meyakini bahwa rakyat Indonesia akan menikmati pertumbuhan yang dinamis di bawah pemerintahan Presiden Jokowi. Hal tersebut disampaikan Presiden Moon dalam ucapan selamat kepada Jokowi yang diunggah di akun Facebook dan Twitter resminya hari ini.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement