Situasi Jakarta Jelang Sidang Perdana Gugatan Pilpres 2019

Muchamad Nafi
14 Juni 2019, 07:14
Situasi Jakarta Jelang Sidang Perdana Gugatan Pilpres 2019 Tim Prabowo
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
ilustrasi Mahkamah Konstitusi, Jakarta Pusat (12/6).

Hari ini Mahkamah Konstitusi akan menggelar sidang perdana gugatan Pilpres 2019 dalam perkara perselisihan hasil pemilihan umum. Mengacu jadwal yang sudah dikeluarkan Mahkamah, sidang yang akan dimulai pukul 09.00 tersebut merupakan pembacaan gugatan dari pemohon, yakni kubu Prabowo Subianto – Sandiaga Uno.

Calon presiden nomor 02 itu telah mengimbau para pendukungnya untuk tidak  berbondong-bondong ke Mahkamah. Hal ini untuk mencegah kerusuhan seperti yang terjadi saat demo di Badan Pengawas Pemilu pada 21 – 22 Mei lalu. Namun sejumlah elemen pendukung Prabowo - Sandi menyatakan tetap akan bergerak menuju MK.

Berikut ini situasi dan kondisi Jakarta pada Jumat pagi (14/06/21019) menjelang sidang tersebut.

Perjalanan Kereta di Stasiun Gambir Normal

Kepala Stasiun Gambir Rizki Afrida mengatakan perjalanan kereta api dari dan menuju Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, tetap normal saat sidang. Tidak ada pengamanan berlebih yang diberlakukan di Stasiun Gambir.

Sementara itu, melalui unggahan di akun resmi twitter, PT Kereta Api Indonesia (KAI) mengimbau para pengguna kereta api yang akan melakukan perjalanan dari Stasiun Gambir pada Jumat (14/6) untuk datang lebih awal. “Untuk mengantisipasi kemacetan lalu-lintas dan keterlambatan naik KA,” demikian unggahan di akun @KAI121.

[Baca: Penambahan Dalil dan Petitum Gugatan Prabowo Dianggap Salahi Aturan]

Tak hanya lewat twitter, melalui akun instagram, PT KAI juga mengunggah imbauan yang sama. Dalam unggahan instagram story, akun @kai121_ juga mengingatkan para penumpang kereta api untuk mengecek jadwal kereta.

Transjakarta Alihkan Rute Armada Selama Sidang MK

PT Transjakarta mengalihkan rute sejumlah armada busnya selama sidang perselisihan hasil pemilihan umum oleh Mahkamah Konstitusi. Berdasarkan informasi yang diunggah dalam akun Twitter terverifikasi PT TransJakarta, Jumat pagi, ada sejumlah rute yang berubah.

Koridor 1: Blok M-Kota sementara beralih, tidak melewati halte Bundaran HI sampai dengan halte Monas untuk kedua arah. Koridor 2: Harmoni-Pulogadung sementara tidak melewati Halte Monas sampai dengan Halte Gambir 2.

Rute 6A: Ragunan-Monas via Kuningan mengalami perpendekan rute menjadi Rute Ragunan-Tosari via Kuningan. Rute 9B: Pinang Ranti-Kota sementara tidak beroperasi.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...