Tol Sumatera Langka BBM, Pertamina Tambah SPBU dan Mobil Dispenser

Muchamad Nafi
31 Mei 2019, 13:56
Tol Sumatera Langka BBM, Pertamina Tambah SPBU dan Mobil Dispenser
ANTARA FOTO/Septianda Perdana
Gerbang tol ruas Lubuk Pakam-Medan-Tebing Tinggi yang telah selesai di Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, Selasa (9/5).

Gelombang arus mudik 2019 mulai terasa sejak kemarin malam. Demikian juga terlihat di Jalan Tol Trans Sumatera. Permintaan bahan bakar minyak (BBM) pun makin meningkat. Lonjakan ini rupanya sempat memicu kelangkaan pasokan Premium dan Pertamax di sana.

Untuk itu, Pertamina menambah sejumlah titik SPBU modular dan mobil dispenser di ruas Bakauheni - Terbanggi Besar hingga Kayu Agung guna memenuhi kebutuhan BBM pemudik. “Bahkan ruas tol fungsional Terbanggi Besar - Kayu Agung menjadi primadona pemudik,” kata General Manager Pertamina MOR II Sumatera Bagian Selatan, Primarini dalam keterangan tertulisnya, Jumat (31/05/2019).

Advertisement

Menurut dia, besarnya pemudik di jalan tol tersebut terlihat dari meningkatnya kepadatan kendaraan sejak H-7 Lebaran atau Rabu (29/5). Guna mengantisipasi kebutuhan BBM pemudik, Pertamina Marketing Operation Region II Sumbagsel melakukan penyesuaian titik SPBU modular, Kios Pertamina Siaga, dan penambahan stok BBM di SPBU reguler di Jalur Lintas Sumatera.

“Kami melakukan evaluasi, antara lain pemindahan dan penambahan SPBU modular dari ASDP Bakauheni ke KM 163A dan KM 208A,” ujar Primarini. Perkiraannya, hal ini dilakukan karena pemudik cenderung menuju tol setelah keluar dari kapal feri di pelabuhan.

(Baca: Sistem Ganjil Genap di Lintas Penyeberangan Merak-Bakauheni Dibatalkan)

Dia memainta pemudik tidak perlu khawatir karena saat ini di ASDP Bakauheni telah disiapkan Kios Pertamina Siaga untuk melayani mereka. Selain menyediakan kesediaan BBM di sini, Primarini memastikan ketersediaan BBM di Jalur Lintas Sumatera aman.

Halaman:
Reporter: Antara, Fariha Sulmaihati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement