Tak Perkeruh Isu Pemilu Curang, Erick Tohir: Lebih Baik Introspeksi

Muchamad Nafi
9 Mei 2019, 16:57
Erick Thohir
Arief Kamaludin (Katadata)

Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-KH Ma'ruf Amin mengimbau seluruh elite politik dan para simpatisannya memanfaatkan bulan Ramadan untuk introspeksi, terutama setelah masa pemilihan umum (pemilu) ini usai. Ketua TKN Erick Thohir menyatakan, hal itu lebih baik daripada mengajak berdemonstrasi.

Menurut dia, berbagai kontroversi mengenai isu kecurang pemilu mesti disikapi dengan bijak. “Mari kita introspeksi diri. DNA kami tidak mungkin memulai sesuatu yang besar dengan kecurangan,” kata Erick Thohir di War Room TKN, di Gedung HighEnd, Jakarta, Rabu (8/5). “Allah membukakan satu pe rsatu siapa yang curang. Kami memilih untuk tidak saling menyalahkan.”

Karena itu, TKN mempertanyakan segelintir elite politik di kubu 02 Prabowo Subianto – Sandiaga Uno yang terus memperkeruh suasana dengan upaya sistematis untuk mendiskreditkan pelaksanaan pemilu, khususnya pemilu presiden (pilpres 2019). Pola psywar yang digunakan ini berawal dari tudingan permasalahan form C1 sampai ke masalah penghitungan suara Komisi Pemilihan Umum.

Setelah terekspose ke publik bahwa mereka tidak punya C1 dan klaim kemenangan berdasarkan data yang sumir, Jubir TKN Arya Sinulingga menambahkan, mereka beralih ke masalah kecurangan pemilu.

(Baca: Sandiaga: Temuan C1 yang Untungkan Salah Satu Pihak Harus Diselidiki)

Tujuannya, kata dia, untuk membangun ketidakpercayaan publik terhadap hasil pemilu. “Mereka setiap ditanya data, bilangnya rahasia. Terbalik dengan TKN yang sangat transparan,” kata Arya. “Terus ada isu aksi lagi tanggal 9 Mei. Ini pola-pola yang tidak baik dan hanya bikin masyarakat cemas saja.”

TKN berpandangan, upaya delegitimasi pemilu oleh pihak 02 telah berada di luar jalur demokrasi. Baginya, memunculkan sosok penilaian dokter dalam meninggalnya petugas Kelompok Petugas Pemungutan Suara (KPPS) sebagai bentuk politisasi di luar jalan demokrasi yang benar.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...