Di Tengah Isu Diskriminasi Sawit, Ekspor CPO ke Eropa Masih Naik 27 %

Michael Reily
2 April 2019, 12:00
sawit
ANTARA FOTO/Budi Candra Setya

Rencana Komisi Uni Eropa untuk mengeluarkan minyak kelapa sawit sebagai bahan baku biofuel sempat membuat gaduh sejumlah negara produsen komoditas tersebut, termasuk Indonesia, beberapa waktu lalu. Rupanya, di tengah keriuhan wacana ini, ekspor Indonesia ke benua biru itu malah meningkat pada Februari kemarin.

Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) menyatakan ada peningkatan ekspor 27 % CPO ke Uni Eropa pada Februari 2019. Demikan pula pengiriman ke Bangladesh bertambah  8 %. Walau demikian, secara total, ekspor CPO dan turunannya pada bulan Februari sebesar 2,88 juta ton, turun 11 % dari Januari yang mencapai 3,25 juta ton.

Advertisement

(Baca: Diskriminasi Sawit, Faisal Basri Saran Diplomasi Tidak Lewat Luhut )

Direktur Eksekutif Gapki Mukti Sardjono menyatakan ekspor CPO hanya 852,3 ribu ton dan sisanya merupakan produk turunan. Negara yang permintaanya melemah signifikan yaitu Amerika Serikat menurun 48 %, Pakistan 41 %, Cina 22 %, Afrika 16 %, dan India 14,5 %. “Penurunan disebabkan antara lain karena bulan Februari lebih pendek daripada Januari,” kata Mukti melalui keterangan resminya, Selasa (2/4).

Menurut dia, tantangan hambatan perdagangan paling besar adalah adopsi Renewable Energi Directive II oleh Komisi Uni-Eropa pada 13 Maret 2019 lalu. Kebijakan itu bakal menghapus penggunaan biodiesel berbasis sawit karena dianggap memiliki risiko tinggi terhadap deforestasi.

Gapki pun masih mempertanyakan landasan ilmiah kebijakan RED II karena tak seimbang untuk penggunaan minyak nabati lain seperti kedelai, rapeseed, dan biji bunga matahari. “Diskriminasi negara Uni Eropa tentu sangat merugikan negara produsen sawit,” ujar Mukti.

(Baca: Tepis Kritik, Komisi ISPO Sebut Sertifikasi Kebun Sawit Terpercaya)

Untuk pemakaian dalam negeri, program B20 mencatatkan penyerapan biodiesel 648 ribu ton, naik 17 % daripada Januari yang hanya 552 ribu ton. Para pengusaha berharap uji coba B30 segera terjadi untuk implementasi peningkatan kadar CPO dalam biodiesel menjadi 30 %.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement