PT KAI Siapkan 50 Rangkaian Tambahan Kereta Lebaran 2019

Dari Daop 5 Purwokerto, ada delapan rangkaian tambahan. Penjualan tiket kereta reguler dimulai hari ini, dan H-60 untuk kereta tambahan.
Muchamad Nafi
25 Februari 2019, 10:45
Reaktivasi Jalur Kereta Api Jawa Barat
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi
Kereta api memasuki Stasiun Bandung, Jawa Barat, Jumat (14/9). PT Kereta Api Indonesia (Persero) berencana akan me-reaktivasi empat jalur kereta api di Jawa Barat yakni rute Banjar-Cijulang-Pangandaran-Parigi, Garut-Cikajang, Cikudapateuh Bandung-Banjaran-Ciwidey, dan Rancaekek-Tanjungsari.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, PT Kereta Api Indonesia selalu menambah jumlah rangkaian kereta pada libur Lebaran ‘Idul Fitri. Demikian juga pada tahun ini, akan ada 50 rangkaian kereta baru untuk mengangkut para pemudik ke sejumlah daerah, terutama di Jawa.

Dari jumlah itu, kata Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi (Daop) 5 Purwokerto Supriyanto, delapan kereta tambahan diberangkatkan dari wilayahnya. Kereta tersebut di antaranya KA Kutojaya Selatan Lebaran relasi Kiaracondong-Kutoarjo, KA Kutojaya Utara Lebaran relasi Pasarsenen-Kutoarjo, dan KA Purwojaya relasi Gambir-Cilacap. Terakhir, ada KA Sawunggalih Lebaran relasi Pasarsenen-Kutoarjo. Masing-masing relasi sebanyak dua rangkaian.

(Baca: Tiket Kereta untuk Mudik Lebaran Bisa Dipesan Mulai Pekan Depan)

Selain delapan rangkaian tadi, PT KAI Daop 5 Purwokerto melayani 18 perjalanan KA tambahan lebaran dari Daop lain. Misalnya, KA Argo Dwipangga Fakultatif relasi Solobalapan-Gambir, KA Argo Lawu Fakultatif relasi Gambir-Solobalapan PP, KA Gajayana Lebaran relasi Gambir-Malang, dan KA Mataram relasi Pasarsenen-Lempuyangan.

Advertisement

Kemudian ada KA Pasundan Lebaran relasi Kiaracondong-Surabayagubeng, KA Taksaka Malam Lebaran relasi Gambir-Yogyakarta, dan KA Taksaka Pagi Lebaran relasi Yogyakarta-Gambir PP. Semuanya masing-masing dua perjalanan. Adapun KA Lodaya Lebaran relasi Bandung-Solobalapan terdiri atas empat rangkaian atau perjalanan.

Menurut Supriyanto, tiket untuk kereta tambahan lebaran dapat dipesan mulai H-60 tanggal keberangkatan. “Sementara pemesanan atau penjualan tiket yang dibuka mulai hari Senin ini ditujukan untuk KA-KA reguler yang melayani angkutan Lebaran,” katanya di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Senin (25/2).

Mulai dini hari tadi pukul 00.00 WIB, PT KAI memang membuka penjualan tiket keberangkatan 26 Mei 2019 (H-10 Lebaran). Pemesanan tiket dapat dilakukan melalui laman kai.id dan aplikasi KAI Access, sedangkan untuk kanal-kanal eksternal menyesuaikan dengan kebijakan masing-masing mitra penjualan tiket.

Beberapa agen tiket online yang diajak kerja sama salah satunya Tiket.com. Co-Founder and Chief Marketing Officer Tiket. com Gaery Undarsa menyatakan perusahaannya telah menyiapkan infrastruktur untuk pemesanan tiket. “Kami sangat menjamin dan percaya diri untuk memberikan pelayanan yang terbaik,” ujar Gaery, Kamis (21/2).

(Baca: Sempat Hilang, Tiket AirAsia Kembali Ada di Traveloka dan Tiket.com)

Senior Transportation Manager Tiket. com Nugroho Ari Wibowo menyatakan, pada periode mudik tahun 2018, Tiket. com mencatat tingkat penjualan tiket kereta api naik sekitar 15% dari tahun 2017. Untuk itu, Gaery berharap tahun ini penjualan tiket dapat tumbuh setara.

Sementara Head of Business Development & Strategic Marketing Pegipegi, Ryan Kartawidjaja, memprediksi arus mudik Lebaran tahun ini akan ramai mulai tanggal 29 Mei 2019. Sebab, tanggal 30 Mei 2019 merupakan tanggal merah, sehingga masyarakat yang ingin menikmati libur lebih panjang bisa memanfaatkan cuti tanggal 31 Mei 2019. 

Reporter: Antara
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait