PT KAI Siapkan 50 Rangkaian Tambahan Kereta Lebaran 2019

Muchamad Nafi
25 Februari 2019, 10:45
Reaktivasi Jalur Kereta Api Jawa Barat
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi
Kereta api memasuki Stasiun Bandung, Jawa Barat, Jumat (14/9). PT Kereta Api Indonesia (Persero) berencana akan me-reaktivasi empat jalur kereta api di Jawa Barat yakni rute Banjar-Cijulang-Pangandaran-Parigi, Garut-Cikajang, Cikudapateuh Bandung-Banjaran-Ciwidey, dan Rancaekek-Tanjungsari.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, PT Kereta Api Indonesia selalu menambah jumlah rangkaian kereta pada libur Lebaran ‘Idul Fitri. Demikian juga pada tahun ini, akan ada 50 rangkaian kereta baru untuk mengangkut para pemudik ke sejumlah daerah, terutama di Jawa.

Dari jumlah itu, kata Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi (Daop) 5 Purwokerto Supriyanto, delapan kereta tambahan diberangkatkan dari wilayahnya. Kereta tersebut di antaranya KA Kutojaya Selatan Lebaran relasi Kiaracondong-Kutoarjo, KA Kutojaya Utara Lebaran relasi Pasarsenen-Kutoarjo, dan KA Purwojaya relasi Gambir-Cilacap. Terakhir, ada KA Sawunggalih Lebaran relasi Pasarsenen-Kutoarjo. Masing-masing relasi sebanyak dua rangkaian.

Advertisement

(Baca: Tiket Kereta untuk Mudik Lebaran Bisa Dipesan Mulai Pekan Depan)

Selain delapan rangkaian tadi, PT KAI Daop 5 Purwokerto melayani 18 perjalanan KA tambahan lebaran dari Daop lain. Misalnya, KA Argo Dwipangga Fakultatif relasi Solobalapan-Gambir, KA Argo Lawu Fakultatif relasi Gambir-Solobalapan PP, KA Gajayana Lebaran relasi Gambir-Malang, dan KA Mataram relasi Pasarsenen-Lempuyangan.

Kemudian ada KA Pasundan Lebaran relasi Kiaracondong-Surabayagubeng, KA Taksaka Malam Lebaran relasi Gambir-Yogyakarta, dan KA Taksaka Pagi Lebaran relasi Yogyakarta-Gambir PP. Semuanya masing-masing dua perjalanan. Adapun KA Lodaya Lebaran relasi Bandung-Solobalapan terdiri atas empat rangkaian atau perjalanan.

Menurut Supriyanto, tiket untuk kereta tambahan lebaran dapat dipesan mulai H-60 tanggal keberangkatan. “Sementara pemesanan atau penjualan tiket yang dibuka mulai hari Senin ini ditujukan untuk KA-KA reguler yang melayani angkutan Lebaran,” katanya di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Senin (25/2).

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement