JK Serahkan Pengusutan Intimidasi Wartawan di Munajat 212 ke Aparat

Muchamad Nafi
23 Februari 2019, 20:54
Jusuf Kalla
Katadata | Arief Kamaludin

Banyak kalangan menyesalkan kekerasan dan intimidasi kepada wartawan yang dilakukan massa beratribut Front Pembela Islam (FPI), Kamis malam kemarin. Wakil Presiden Jusuf Kalla menyerahkan pengusutan kasus yang terjadi pada acara “Munajat 212” di area Monas, Jakarta, itu kepada aparat hukum.

Menurut JK, demikian dia biasa disapa, intimidasi kepada siapa pun melanggar aturan. “Kepada siapa saja, wartawan, masyarakat, tentu salah,” kata Kalla usai menghadiri silaturahim bersama kiai muda di Kota Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (23/2). “Tentu ada hukumnya. Ya, jalankan saja.”

Advertisement

(Baca: Ma'ruf Amin Sesalkan Munajat 212 Diwarnai Intimidasi Jurnalis )

Di tempat terpisah, saat memberi sambutan dalam “Dialog Nasional Pemilu 2019 yang Aman, Tertib, dan Badunsanak” di Padang, Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Oesman Sapta Odang juga menyayangkan tindak kekerasan terhadap jurnalis yang sedang bertugas ini. Selagi si juru warta tersebut bekerja profesional, tidak ada pembenaran sama sekali atas intimidasi.

Sebelumnya, Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Jakarta mengecam keras peristiwa ini. Mereka meminta aparat penegak hukum menangkap pelaku dan mengadilinya di pengadilan. Ketua AJI Jakarta Asnil Bambani Amri mengatakan, hukuman berat sepatutnya diberikan agar kasus yang sama tak terulang. “Agar ada efek jera,” kata Asnil dalam keterangan resminya, Jumat (22/2).

Dalam keterangan AJI Jakarta, kejadian bermula saat adanya kabar copet yang tertangkap di tengah acara salawatan Munajat 212 di Silang Monas pukul 21.00 WIB. Wartawan yang saat itu sedang menunggu narasumber lantas berkumpul mendekati lokasi kejadian.

Tiba-tiba, banyak massa yang mengerubungi awak media. Beberapa orang lantas membentak para jurnalis dan memaksa menghapus gambar kericuhan. (Baca: AJI Desak Kepolisian Tangkap Pelaku Kekerasan Jurnalis di Munajat 212)

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement