Jakarta Raih Penghargaan Tertinggi Indeks Demokrasi

Muchamad Nafi
13 Desember 2018, 18:31
Gubernur Anies Baswedan
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberikan sambutan saat menghadiri silaturahmi ulama dan tokoh agama di Balai Agung, Kompleks Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (14/11).

Dari 34 provinsi, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta meraih nilai tertinggi dalam Indeks Demokrasi Indonesia 2017. Penghargaan tersebut diberikan Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Anies mengapresiasi kepada tim penilai yang melakukan kajian tentang indeks ini serta penghargaan yang diberikan kepada warga Jakarta tersebut. “Angka penilaian yang dihasilkan di sini ditunjukkan dalam tiga aspek,” kata Anies di Jakarta, Kamis (13/12/2018).

Advertisement

Di aspek Indeks Kebebasan Sipil, Jakarta meraih angka 87,73. Sementara pada aspek Indeks Hak Politik meraih angka 80,06. Terakhir, Indeks Lembaga-Lembaga Demokrasi memperoleh angka 87,12. Dengan akumulasi nilai tersebut, Jakarta menempati posisi tertinggi di Indonesia di antara semua provinsi.

(Baca topik lain: Sebut Istilah Pribumi, Anies Baswedan Dianggap Bangkitkan Politik SARA)

Menurut Anies, adanya penghargaan ini menunjukkan kematangan dari masyarakat Ibu Kota Jakarta di dalam berdemokrasi. Harapannya, hal ini menjadi modal dalam melakukan konsolidasi demokrasi di seluruh Indonesia. “Apabila di Jakarta ada kematangan dalam berdemokrasi di dalam menjalankan hak-hak dasar, implikasinya bisa ke banyak tempat,” ujar Anies.

Dia berharap pada masa yang akan datang Jakarta bisa memperkuat, meningkatkan, dan menjaga penghargaan ini. Masalah yang sering muncul adalah pada aspek kebebasan berpendapat atau kebebasan berbicara.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement