Pacu Investasi, Perusahaan Migas Dorong Perluasan Pembukaan Data

Anggita Rezki Amelia
6 Desember 2018, 20:03
Blok Migas Pertamina Hulu Energi
Pertamina Hulu Energi

Langkah Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) membuka data migas beberapa waktu lalu mendapat respons positif. Perusahaan migas yang masuk Kontraktor Kontrak Kerja Sama menilai kebijakan tersebut akan memudahkan kerja investor untuk melakukan studi awal di suatu blok.

Vice President Exploration PT Saka Energi Indonesia Rovicky Putrohari mengatakan, pada dasarnya, buka data merupakan dukungan pemerintah untuk meningkatkan kembali kegiatan eksplorasi. Dengan begitu diharapkan bisa menggairahkan investasi di sektor hulu migas.

“Kemudahan mengintip data ini dapat membantu kontraktor KKKS maupun calon KKKS yang akan mengambil blok untuk studi awal,” kata Putrohari kepada Katadata.co.id, Kamis (6/12). (Baca: Demi Tingkatkan Investasi, SKK Migas Buka Data Seismik).

Ke depannya, Rovicky menghimbau pemerintah bisa semakin massif mempublikasikan data migas. Sebab, pembukaan data yang dilakukan SKK Migas saat ini masih terbatas. “Karena datanya hanya boleh “diiintip”. Data tidak boleh “dibawa pulang”,” ujar dia.

Dia berharap data yang sudah dibuka oleh SKK Migas bisa dikaji secara bersama-sama dengan pemangku kepentingan dan investor terkait. Hasil kajiannya lalu dipublikasikan untuk menarik minat investor.

Sebab, publikasi itulah yang ditunggu-tunggu investor untuk segera memanfaatkannya dalam pertimbangan bisnis. “Kan perlu payung hukum dalam setiap menggunakan data migas,” kata dia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...