EASE, Upaya Mengubah Citra Rayon Menjadi Produk Fesyen Berkualitas

Dimas Jarot Bayu
24 Oktober 2018, 12:38
Serat Viscose Rayon
Katadata

Serat viscose atau rayon kadang dipandang sebagai bahan tekstil murahan. Karena itu viscose, misalnya, kerap kali hanya digunakan untuk pakaian daster atau baju dengan kualitas rendah.

Padahal, viscose memiliki berbagai keunggulan dibandingkan bahan tekstil lainnya. Kelebihan inilah yang disasar oleh Patrick Susanto dengan membuat jenama fesyen EASE, merek yang ia miliki.

Advertisement

(Baca juga: Lenzing Siapkan Rp 75 Miliar untuk Inovasi di Pabrik Kain)

Patrick ingin mengubah pandangan anak muda ini. “Kami mau bangun bahwa viscose itu bukan hal yang murahan, tidak mahal tapi juga enak dipakai,” kata Patrick di Hotel Intercontinental, Bandung, Jawa Barat, Selasa (24/10).

Menurutnya, viscose merupakan bahan yang baik untuk produk fesyen karena memiliki tekstur yang nyaman, terutama jika dipakai di iklim tropis. Viscose pun lebih mudah didapatkan dibandingkan bahan katun yang berasal dari kapas.

Viscose juga lebih ramah lingkungan dibandingkan polyester yang berasal dari plastik. Viscose ini berbahan dasar kayu yang diolah menjadi serat fiber sehingga minim menghasilkan polutan dan lebih mudah terurai. “Pada dasarnya banyak orang tidak mengerti bahwa yang mereka pakai tidak ramah lingkungan,” kata Patrick.

(Baca juga: Pemerintah Diminta Tingkatkan Nilai Tambah Produk Industri Manufaktur)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement