Jokowi: Rombongan Pertemuan IMF-Bank Dunia Bayar Hotel Sendiri

Ameidyo Daud Nasution
8 Oktober 2018, 16:36
Joko Widodo KTT IORA
ANTARA FOTO/IORA Summit 2017/Rosa Panggabean
Presiden Joko Widodo memberi sambutan saat membuka acara Business Summit dalam rangkaian KTT IORA ke-20 tahun 2017 di Jakarta Convention Center, Jakarta, Senin (6/3).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan pemerintah tidak menanggung biaya rombongan yang datang ke sidang tahunan Dana Moneter Internasional (IMF) - Bank Dunia. Anggaran dari pemerintah hanya untuk menunjang infrastruktur Bali sebagai tempat penyelenggara.

Pembenahan infrastruktur itu di antaranya pembangunan terowongan sebesar Rp 168,3 miliar serta perluasan apron bandara Internasional Ngurah Rai. Menurut Jokowi, investasi pada perbaikan dan peningkatan infrastruktur ini pada akhirnya dinikmati masyarakat Bali dan Indonesia.

(Baca: Lagarde Puji Persiapan Rapat Tahunan IMF-Bank Dunia)

Sebelumnya, beberapa pihak menuding anggaran acara tersebut, yang mencapai Rp 830 miliar, terlalu mahal dan dianggap bermewah-mewahan di tengah bencana gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah. Menanggapi hal itu, Presiden mengatakan rombongan sebanyak 15 ribu orang membiayai dirinya sendiri. “Hotel bayar sendiri, makan bayar sendiri,” kata Jokowi sebagaimana dilansir situs Sekretariat Kabinet, Senin (8/10).

Mantan Walikota Solo tersebut juga menjelaskan bahwa pertemuan seperti ini berdampak besar bagi sebuah negara dari sisi citra. Kehadiran para tamu ini juga meningkatkan kunjungan dan ajang promosi tempat wisata ke dalam negeri.

Hal ini akan berdampak pada devisa yang mengucur ke Tanah Air. “Saya kira arahnya ke sana,” ujar Jokowi. (Baca juga: Aktivis Menggelar Forum Tandingan IMF-World Bank di Bali).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...