Target Utama Jokowi dari Pertemuan IMF-Bank Dunia di Bali

Ameidyo Daud Nasution
2 Oktober 2018, 18:04
Jokowi
ANTARAFOTO | Zabur Karuru
Presiden Joko Widodo menyerahkan sertifikat tanah kepada warga di Surbaya, Jawa Timur, 6 September 2018.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap pertemuan tahunan Dana Moneter Internasional (IMF)-Bank Dunia menjadikan Indonesia sebagai sorotan dunia dari segi ekonomi. Pertemuan tersebut merupakan ajang promosi produk Tanah Air dan promosi investasi bagi dunia internasional.

Pemerintah akan memaksimalkan perhelatan besar ini mempunyai efek penting bagi tujuan wisata di wilayah lain, bukan hanya Bali. Diperkirakan, ada 18 ribu peserta yang memberi dampak ekonomi bagi daerah-daerah tersebut. “Agar penyelenggaraan berlangsung lancar dan memberi dampak positif,” kata Jokowi saat membuka rapat terbatas di kantornya, Jakarta, Selasa (2/9).

(Baca juga: Jalur Tol Menuju Pusat Ekonomi Digital di Pertemuan IMF-Bank Dunia)

Sementara itu, Menteri Keuangan Sri Mulyani menjelaskan dalam pertemuan yang dimulai pada 9 Oktober pekan depan ada penandatanganan pembiayaan proyek infrastruktur dengan skema kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU). Dalam skema kali ini, selain dana pemerintah dan swasta, akan ada pendanaan dari filantropi yang turut membiayai proyek tersebut. Daftar proyeknya akan diumumkan saat peluncuran.

Pertemuan tersebut juga akan membahas beberapa hal mulai dari teknologi finansial alias fintech hingga ekonomi syariah. Menurut Sri Mulyani, perhitungan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) menyebutkan pertemuan tahunan itu akan berkontribusi kepada pertumbuhan ekonomi Bali. “Lebih dari 0,6 persen dari Rp 1,5 triliun,” kata dia.

(Baca juga: Indonesia Buka Kesempatan Investasi 79 Proyek dalam Rapat IMF)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...