Permudah Kabar Mudik, Istana Siapkan Infomudik.go.id

Ameidyo Daud Nasution
5 Juni 2018, 20:33
Geliat Mudik
ANTARA FOTO/Dedhez Anggara
Sejumlah kendaraan pemudik memadati ruas tol Cipali Palimanan, Cirebon, Jawa Barat, Kamis (22/06/2017).

Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Moeldoko mengatakan sedang membuat laman informasi untuk memudahkan masyarakat yang mudik. Situs bernama infomudik.go.id ini akan berisi kumpulan kabar mudik dari berbagai kementerian dan lembaga yang dapat diakses pemudik.

Menurut mantan Panglima TNI itu, infomudik.go.id  akan terkoneksi dengan Google Maps sehingga masyarakat dapat mengetahui rute yang dilanda kemacetan hingga mencari jalur alternatif mudik. “Yang ingin memahami posisinya bisa mengoperasikan (lewat situs),” kata Moeldoko di kantornya, Jakarta, Selasa (5/6).

Untuk memperlancar program ini, KSP telah membangun tim lapangan pemantau mudik untuk menyelesaikan masalah yang muncul. Beberapa titik yang telah dipantau KSP antara lain beberapa ruas tol Trans Jawa dan Trans Sumatera. Sebagai contoh di titik kritis tol Pemalang - Batang - Semarang.

Di Pulau Jawa ada dua rute utama arus Lebaran: jalur Pantai Utara (Pantura) dan Pantai Selatan (Pansela). Moeldoko pun meminta masyarakat memilih jalur alternatif utama yakni Pansela untuk mengurangi kepadatan jalur Pantura Jawa. Bagi yang memilih rute ini akan banyak menemukan tempat singgah karena ada kawasan wisata yang bisa dilewati sepanjang perjalanan.

Untuk itu tim akan menyiapkan pengumuman hingga tiga kali di tiga tempat. Misalnya melalui papan billboard. Dengan informasi tersebut pemudik dapat memiliki informasi cepat untuk mengambil jalur yang hendak dilewati. (Baca pula: Jadwal Diskon Tarif Tol Mudik Lebaran 10% Berbeda Tiap Ruas).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...