Menhub Prediksi Lonjakan Pemudik karena Infrastruktur Membaik

Image title
8 Mei 2018, 16:18
Geliat Mudik
ANTARA FOTO/Dedhez Anggara
Kendaraan pemudik memadati gerbang tol Cipali-Palimanan, Cirebon, Jawa Barat, Rabu (21/6).

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memprediksi ada lonjakan perjalanan pada arus mudik Idul Fitri tahun ini di bandingkan 2017. Lonjakan ini ditenggarai seiring membaiknya infrastruktur seperti tol di jalur Pantai Utara (Pantura) Jawa.

Dalam kalkulasinya, lonjakan pemudik yang mengenderai mobil sebesar 16 persen dan kendaraan roda dua 33 persen. Sementara angkutan laut dan angkutan kereta api masing-masing diperkirakan tumbuh dua persen. (Baca: Jalur Tol dan Non-Tol Jawa Ini Siap Digunakan Mudik Lebaran).

Advertisement

Prediksi serupa terjadi pada angkutan udara yang naik sembilan persen, bahkan untuk Indonesia Timur bisa tumbuh 16 persen. Menurut Budi, hal ini merupakan pertumbuhan yang luar biasa. “Kelihatanya ada tren yang bertambah,” kata Budi Karya di Hotel Borobudur, Jakarta, Selasa (8/5). “Tak bisa dipungkiri juga, kalau lihat di angkutan udara, daya beli masyarakat membaik.”

Karena itu, Kementerian Perhubungan sebagai leading sector akan berfokus mengantisipasi dengan memperisapkan berbagai hal pada angkutan udara, lebih-lebih pada angkutan darat. “Supaya bahagia seperti kata Pak Jusuf Kalla tadi,” katanya.

[Lihat jumlah penumpang umum saat mudik pada 2017!]

Sebelumnya, Wakil Presiden Jusuf Kalla di acara yang sama mengatakan tiap negara memiliki budaya mudik dengan cara berbeda, tapi dengan satu tujuan yang sama. Misalnya, bertemu keluarga, sahabat, dan teman-teman.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement