Terobosan BTN Memasarkan Rumah Bekas yang Murah

Image title
17 April 2018, 20:06
Perumahan
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra
Buruh bangunan mengecat di lokasi pembangunan perumahan bersubsidi di Mranggen, Demak, Jawa Tengah, Jumat (3/2). Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan realisasi Subsidi Bantuan Uang Muka (SBUM) pada 2017 bisa digunakan untuk

PT Bank Tabungan Negara memperkenalkan portal penjualan rumah murah berupa rumahmurahbtn.com. Produk yang tawarkan berasal dari bekas rumah kredit bermasalah sehingga harganya tergolong miring.

Walau bukan rumah baru, Direktur Bank BTN Nixon Napitupulu memastikan sarana tempat tinggal yang dijual ini sudah terbebas dari proses hukum. “Semua problem free and clear,” kata Nixon Napitupulu saat ditemui di Jakarta pada Selasa (17/4/2018). (Baca juga: Rumah Murah untuk PNS, Polri & TNI: Tanpa DP dan Bisa Dicicil 30 Tahun).

Advertisement

Menurut dia, program ini sebagai salah satu terobosan dalam menangani efek dari kredit bermasalah atau non performing loan (NPL). Aset yang dilego melalui rumahmurahbtn.com merupakan akumulasi dari Kredit Pemilikan Rumah (KPR) bermasalah sepanjang empat tahun terakhir.

Saat ini, NPL Bank BTN untuk sektor properti berkisar Rp 3,5 triliun, baik KPR subsidi maupun non-subsidi. Dari jumlah tersebut, 80 persen berupa rumah sebanyak 45 ribu unit yang berpotensi dijual. “Daya beli di rumah non-subsidi menurun, tapi daya bayarnya juga melemah,” kata Nixon.

Dari 45 ribu potensi rumah yang bisa dijual, hingga 16 April 2018, BTN sudah siap menjual 5.206 unit di portal Rumah Bank BTN senilai Rp 1,9 triliun. Sedangkan, rumah yang sudah terjual sebanyak 108 unit dengan seharga Rp 28,4 miliar. Adapun target sampai akhir tahun ini yaitu menjual 10 ribu unit. Dengan demikian, nilai outstanding yang bisa dipulihkan dari aset properti mencapai Rp 1,4 triliun.

(Lihat pula: BTN Akan Gandeng 100 Universitas Salurkan Kredit Pendidikan).

Karena itu, terobosan penjualan rumah bermasalah ini diharapkan bisa memperkuat transaksi properti mereka. Apalagi, Nixon meyakinkan bahwa jaminan lembaga keuangannya kuat sehingga bisa memperlancar penjualan rumah bermasalah.

Sistem penjualan rumah ini melalui lelang, di mana persyaratannya 20 persen dari harga disetorkan sebagai uang muka atau tanda minat. Jika, menang lelang, pelunasannya bisa melalui skema KPR yang disediakan oleh Bank BTN. (Baca pula: Jokowi Perintahkan Ada Pembiayaan Khusus Kredit Rumah bagi PNS).

Untuk mencari rumah-rumah bekas kredit bermasalah melalui portal Rumah Murah BTN, pembeli dapat mencari berdasarkan harga ataupun lokasinya. “Ada rumah bekas yang kami jual harganya Rp 65 juta,” kata Nixon.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement