Banyak Kecelakaan, BPK Siap Audit Investigasi Proyek Infrastruktur

Dimas Jarot Bayu
16 Maret 2018, 11:48
BPK
KATADATA
BPK

Sejumlah proyek pembangunan infrastruktur mencuri perhatian publik lantaran kerap diwarnai kecelakaan. Terakhir, jatuhnya bekisting pada tiang tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu di Jalan DI Panjaitan, Jakarta Timur, Februari lalu. Atas hal tersebut, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menyatakan siap melakukan audit terhadap berbagai proyek infrastruktur.

Ketua BPK Moermahadi Soerja Djanegara mengatakan, selain pemeriksaan kinerja atau keuangan, audit juga bisa mengarah pada investigasi jika ada indakasi ke sana. BPK berwenang melakukan hal tersebut selama proyek infrastruktur yang mengalami kecelakaan menggunakan uang negara.

Advertisement

“Kalau proyek pemerintah ada uang negara pasti akan diperiksa,” kata Soerja di kantornya, Jakarta, Kamis (15/3). Hanya saja, pihaknya belum mengaudit berbagai proyek tersebut. Sebab pemerintah belum meminta BPK melakukan audit investigatif.

Karena itu, ketika pemerintah meminta, BPK akan langsung bergerak menggelar audit investigatif. “Kalau memang kami diminta untuk mengaudit, kami akan audit,” kata Soerja. (Baca juga: Marak Kecelakaan, Waskita Waspada Pilih Proyek Infrastruktur Layang).

Di luar musibah di Tol Becakayu, berdasarkan catatan Katadata, sejak Agustus 2017 hingga Februari 2018 setidaknya terjadi 11 kasus kecelakaan konstruksi. Lihat tabel di bawah ini:

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement