Kementerian BUMN Masih Godok Penambahan Direksi Pertamina

Miftah Ardhian
2 September 2016, 15:57
Menteri BUMN, Rini Soemarno
Arief Kamaludin|KATADATA
Menteri BUMN, Rini Soemarno

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mengatakan belum menyetujui usulan penambahan jajaran direksi di tubuh PT Pertamina. Hal tersebut masih dalam pengkajian untuk melihat seberapa besar keperluannya.

Apalagi, bila disetujui akan membuat banyak perubahan di internal perusahaan pelat merah itu. “Belum (disetujui), lagi kami kaji karena akan banyak perubahan,” kata Rini saat ditemui di kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Jumat, 2 September 2016.

Advertisement

Walau demikian, dia tetap membuka peluang untuk menambah wakil direktur dan satu direktur baru. Sebab, usulan penambahan direksi oleh jajaran komisaris didasari pada kebutuhan Pertamina untuk berkonsentrasi mengembangkan bisnisnya di hulu dan hilir. (Baca: Komisaris Pertamina Usul Direksi Baru, Rini: Saya Belum Tahu).

“Mengingat Pertamina itu memilik dua aktivitas paling utama. Satu mengenai hilir yaitu marketing, ritel, termasuk mengurus LPG dan macam-macam. Satu lagi pengembangan hulu maupun proses hulunya. Itu dua hal yang sangat penting yang perlu penanganan khusus,” ujarnya.

Sebelumnya, Dewan Komisaris Pertamina mengirimkan surat bertanggal 8 Agustus 2016 kepada Menteri BUMN Rini Soemarno. Surat itu berisi usulan perubahan struktur dan penambahan anggota direksi Pertamina. (Baca: Bos Pertamina Tak Tahu Usulan Komisaris Bentuk Wakil Dirut).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement