Bappenas: Seluruh Perbatasan Terlewati Jalan Nasional pada 2019

Ameidyo Daud Nasution
10 Agustus 2016, 17:57
Internet desa
Donang Wahyu|KATADATA
Seorang pria menunjukan koneksi internet menggunakan sarana Wifi yang hadir hingga di tengah jalan desa yang di kelilingi persawahan di desa Melung, kecamatan Kedung Banteng, Banyumas, Jawa Tengah.

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) menargetkan seluruh daerah perbatasan terakses jalan nasional pada 2019.

Deputi Bidang Pengembangan Regional Bappenas Arifin Rudiyanto mengatakan sebenarnya pemerintah memiliki banyak target di wilayah perbatasan, seperti pelayanan dasar di bidang pendidikan dan kesehatan. Namun untuk 2019, pihaknya memilih untuk memperkuat akses jalan nasional di seluruh wilayah perbatasan.

Advertisement

“Paling tidak seluruhnya terakses jalan, untuk membuka isolasi,” kata Arifin usai diskusi wilayah perbatasan di Gedung Bappenas, Jakarta, Rabu, 10 Agustus 2016. (Baca: Usai Dikunjungi Jokowi, Pemerintah Kembangkan Transportasi Natuna).

Saat ini pemerintah sedang membangun tujuh titik Pos Lintas Batas Negara (PLBN) melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Sementara itu, data Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) memperlihatkan ada 187 kecamatan sebagai lokasi prioritas pengelolaan perbatasan.

Arifin menyatakan tidak hafal berapa daerah yang belum memiliki jalan nasional. Namun dia memberikan contoh masih ada satu titik di wilayah Kalimantan Utara yang sama sekali belum terakses jalan sehingga tergantung kepada negara lain secara ekonomi. (Baca: PLN Siapkan Enam Langkah Tingkatkan Listrik Perdesaan).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement