Tiga Langkah Sri Mulyani Dorong UMKM

Desy Setyowati
2 Agustus 2016, 13:28
UKM Bukalapak
Donang Wahyu | Katadata

Menteri Keuangan Sri Mulyani menekankan pentingnya negara mengembangkan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Sebab, UMKM merupakan industri yag menyerap banyak tenaga kerja.

Selain itu, UMKM juga paling tahan terhadap gejolak ekonomi global. Karenanya, Sri Mulyani mengapresiasi digelarnya World Islamic Economic Forum (WEIF) ke-12 yang mengusung tema ‘Desentralisasi Pertumbuhan, Memberdayakan Bisnis Masa Depan’.

Forum yang sedang berlangsung di Jakarta ini mengalokasikan pembahasan khusus untuk mendorong sektor tersebut. Untuk merealisasikan pengembangan UMKM setelah forum ini, kata Sri, diperlukan tiga langkah.  (Baca: UKM Diharapkan Bisa Mudah Deklarasi Aset secara Online)

Pertama, menekankan pentingnya kerja sama antara pemerintah dan sektor usaha. Desentralisasi pertumbuhan semestinya memberi kesempatan bagi UMKM untuk berkembang dan mendorong perekonomian. Karenanya, kegiatan seperti Marketplace of Creative Ats (Moca) Festival yang memberi kesempatan bagi wirausaha muda memperkenalkan produk dan gagasan perlu diapresiasi.

Kedua, pemerintah dan swasta mesti mendukung inovasi teknologi. Karena itu, mantan Managing Director dan Chief Operting Officer Bank Dunia ini juga mengapresiasi kegiatan IdeaPad dalam forum tersebut yang mewadahi pembuatan dan gagasan atas teknologi.

“Itu bisa memfasilitasi gagasan baru agar bisa jadi konsep layak ekonomi, start up bisa bertemu investor,” kata Sri Mulyani saat pembukaan WIEF di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Selasa, 2 Agustus 2016.

Sri Mulyani
Sri Mulyani (Katadata)

Ketiga, mentransfer hasil pembahasan di forum menjadi tindakan nyata. Menurut dia, perlu ada kebijakan strategis dan diskusi yang berdampak langsung bagi dunia usaha, khususnya UMKM. (Baca: Pengembangan Startup Hadapi Persoalan Regulasi).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...