Pemerintah Dorong BUMN Bangun Perekonomian Daerah

Miftah Ardhian
29 Juli 2016, 14:26
Internet desa
Donang Wahyu|KATADATA
Seorang pria menunjukan koneksi internet menggunakan sarana Wifi yang hadir hingga di tengah jalan desa yang di kelilingi persawahan di Desa Melung, Kecamatan Kedung Banteng, Banyumas, Jawa Tengah.

Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini Soemarno mendorong perusahaan milik negara untuk meningkatkan perekonomian daerah. Pertumbuhan daerah merupakan hal yang sangat penting dan dapat menjadi indikator perkembangan perekonomian nasional.

Oleh karena itu, Rini juga mengajak segenap masyarakat untuk mengambil peran aktif dalam program ini. “Pekerjaan besar untuk membangun dan mensejahterakan bangsa tidak dapat dipikul sendiri oleh pemerintah dan BUMN,” kata Rini dalam keterangan resminya, Jumat, 29 Juli 2016.

Menurutnya, walau ada pemerintah, masyarakat pun tidak dapat hanya berdiam dan menunggu kesejahteraan tiba dengan sendirinya. “Tapi kita harus bekerja keras dan bekerja sama tanpa henti untuk mencapainya,” ujarnya. (Baca: Inflasi Terkendali, Penduduk Miskin Perkotaan Turun-Desa Naik).

Dia menyampaikan himbaun tersebut di Wonosobo dalam rangka ulang tahun delapan badan usaha milik negara. Menurut Rini, pembangunan harus terus dilakukan sampai pelosok daerah. Pembangunan ini bukan sekadar untuk kepentingan sesaat, juga untuk generasi yang akan datang. Pembangunan di daerah menjadi ujung tombak kemajuan Indonesia.

Kementerian memilih Wonosobo sebagai lokasi acara karena mencerminkan pembangunan daerah tersebut. Wonosobo antara lain menyimpan potensi kekayaan sumber daya alam dan budaya yang luar biasa. Potensi yang sudah lama muncul yakni pengembangan ekowisata dan agrowisata berbasis kentang, carica, purwaceng, teh, dan kopi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...