Kuntoro Tinggalkan PLN, Menteri Sudirman: Ini Tidak Sederhana

Miftah Ardhian
18 Mei 2016, 19:37
Pencegahan Korupsi Minerba
Arief Kamaludin|KATADATA

Pengunduran diri Kuntoro Mangkusubroto dari Komisaris Utama PT Perusahaan Negara yang “mendadak” mendapat sorotan publik. Setidaknya, langkah mantan Kepala Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan ini memperoleh tempat tersendiri di sisi Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Sudirman Said.

Kuntoro melayangkan surat permohonan berhenti pada akhir pekan lalu. Sudirman menyatakan telah menerima dan membacanya. Surat itu berisi pernyataan umum, tak banyak mengungkapkan alasan detail di balik keputusan tersebut. (Baca: Proyek Listrik 35 GW Disorot, Komut PLN Kuntoro Mundur).

Di mata Sudirman, Kuntoro merupakan sosok yang memegang teguh integritas, efektif dalam bekerja, dan tak mudah meninggalkan tanggung jawab dalam mengemban tugas Komisaris Utama PLN. “Kalau orang seperti beliau mundur, rasanya bukan sederhana,” kata Sudirman saat ditemui di Kantor Kementerian Energi, Jakarta, Rabu, 18 Mei 2016.

Dia pun memuji Kuntoro sebagai pejuang birokrat yang bisa menangani masalah-masalah sulit. Maka dari itu, Sudirman menyayangkan pengunduran diri mantan Menteri Pertambangan dan Energi itu.

Namun ketika ditanya apakah keputusan Kuntoro hanya sekadar batu loncatan menuju kursi Direktur Utama PT Freeport Indonesia, kabar yang berhembus kencang dalam beberapa hari terakhir, Sudirman tak menjawab. Hanya derai tawa yang keluar dari mulutnya. (Baca: CEO Freeport Restui Pengunduran Diri Maroef Sjamsoeddin).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...