Ini Jaring Viking yang Membuat Menteri Susi Geram

Muchamad Nafi
15 Maret 2016, 17:52
FV Viking
Arief Kamaludin|KATADATA
Personil TNI AL memeriksa bagian dalam kapal FV Viking berisi jaring yang digunakan untuk menangkap ikan sebelum ditenggelamkan. FV Viking ditangkap di Zona Ekonomi Eksklusif Indonesia, yakni 12,7 mil dari Tanjung Uban, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulau

KATADATA - Lima kilogram TNT telah mengkandaskan Kapal FV Viking di perairan Tanjung Batu Mandi, Pangandaran, Jawa Barat, kemarin. Sebagian badan kapal pencuri ikan yang diburu oleh 13 negara itu remuk. Menteri Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti memutuskan bangkai kapal dijadikan sebagai monumen.

Ketika melihat isi kapal, Susi sempat terperanjat tatkala mendapatkan jaring penangkap ikan yang begitu banyak dan besar. Kapal tersebut memiliki ribuan unit pukat atau gillnet dasar dengan total akumulasi rentang jaring hingga 399 kilometer. Selain itu ditemukan pula jaring tambang sepanjang 71 kilometer.

Advertisement

Dalam perhitungan Satuan Tugas (Satgas) 115 Anti Ilegal Fishing, gillnet dasar di Kapal Viking mencapai 7.890 unit. Masing-masing unit pukat memiliki rentang panjang 50 meter. (Baca: Akhir Kisah Viking di Tangan Menteri Susi).

Gillnet dasar (bottom gillnet) merupakan jenis alat tangkap berbahan jaring serta berbentuk persegi panjang. Bagian atas gillnet berupa pelampung dan di bagian bawahnya diberi pemberat agar pukat dapat dipasang dalam keadaan tegak pada kedalaman apapun.

Penangkapan ikan biasanya menggunakan beberapa unit gillnet yang tergabung bersama hingga memiliki akumulasi panjang tangkapan tertentu. Gillnet terdiri dari tiga jenis kedalaman yakni gillnet permukaan, gillnet pertengahan, dan gillnet dasar. (Lihat Galeri Foto: Menteri Susi Ledakkan Kapal Terbesar Pencoleng Ikan).

Ketika memeriksa Viking bersama Menteri Susi, Katadata juga sempat menemukan berbagai jenis jaring di dalam lambung kapal. Banyak tumpukan jaring tambang berwarna biru di dek lantai dua. Bahkan, tumpukan jaring dengan tekstur lebih tipis berwarna biru memenuhi seluruh lantai dasar dek kapal tanpa bendera tersebut. Belum jelas peruntukkan jaring tersebut, apakah digunakan untuk gillnet atau jaring tambang biasa.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement