Pemerintah Berantas Kecurangan Penjualan BBM

Muchamad Nafi
16 Februari 2016, 16:02
SPBU KATADATA | Arief Kamaludin
SPBU KATADATA | Arief Kamaludin
SPBU KATADATA | Arief Kamaludin

KATADATA - Memang menyebalkan bila hak konsumen disunat. Apalagi dilakukan secara curang, termasuk ketika membeli bahan bakar minyak. Karena itu, Badan Pengatur Kegiatan Usaha Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) menandatangani nota kesepahaman dengan Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan.

Dua instansi itu bergandeng tangan untuk mengawasi alat ukur, takar, timbang, dan perlengkapan lainnya yang digunakan untuk mendistribusikan BBM. Kerjasama ini dilakukan untuk menghentikan praktek kecurangan penjualan bahan bakar minyak. (Baca juga: Harga Premium Dinilai Tidak Wajar).

Kepala BPH Migas Andi Noorsaman Sommeng ‎mengatakan BBM merupakan bagian vital yang tidak bisa tergantikan karena merupakan pilihan utama masyarakat. Oleh sebab itu, kerjasama ini menjadi penting untuk menjamin distribusi BBM sesuai dengan takaran, tepat sasaran, waktu, dan tepat volume.

“‎Atas dasar itu BPH Migas menginisiasi bersama dengan Dirjen Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kemendag melakukan kerjasama. Diharapkan dapat meningkatkan efisiensi, efektivitas, dan akurasi‎,” ujar Sommeng saat ditemui di Kantor BPH Migas, Jakarta, Selasa, 16 Februari 2016.

Hal tersebut dibenarkan oleh Dirjen Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Widodo. BBM dinilai sebagai kebutuhan yang sangat penting dan strategis. Oleh karena itu, pemerintah ingin menjaga agar tidak ada lagi kecurangan terkait kuantitas BBM yang diterima masyarakat beserta pendistribusiannya. “Untuk melindungi konsumen dan pelaku usaha. Pengawasan akan berjalan lebih efisien dan efektif melalui sinergi dengan BPH Migas,” ujar Widodo.

Menurut dia, penandatanganan nota kesepahaman ini tidak main-main. Pasalnya, dalam rancangan kerjasama ini juga memuat pedoman teknis pengawasan terhadap semua komponen pengisian BBM seperti meteran arus, tangki ukur mobil, dan pompa bensin. Widodo berharap dengan kerjasama ini fungsi pengawasan segera dijalankan agar masyarakat merasakan manfaatnya.

Halaman:
Reporter: Miftah Ardhian
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...