Jalan Trans Papua Kelar, Jokowi: Harga Barang Lebih Murah

Muchamad Nafi
6 Januari 2016, 19:06
Joko Widodo KATADATA | Arief Kamaludin
Joko Widodo KATADATA | Arief Kamaludin
Joko Widodo KATADATA | Arief Kamaludin

KATADATA - Presiden Joko Widodo memprediksi kehadiran jalan Trans Papua pada 2018 akan membuat harga barang di pulau ujung timur Indonesia tersebut turun drastis. Hal ini karena akses dan ongkos logistik yang menjadi salah satu komponen utama harga barang ikut turun.

Sebagai contoh, kata Jokowi, harga semen saat ini kurang lebih Rp 800 ribu per sak di Papua. Harga tinggi juga terjadi pada Bahan Bakar Minyak (BBM) di mencapai Rp 60 ribu per liter. Tingginya nilai barang di wilayah tersebut akan menyusut hingga separuhnya. (Baca: Pemerintah Komitmen Bangun Jalan Trans Papua).

“Kalau seluruh (Papua) sudah tembus, harga akan lebih murah karena arus logistik lancar. Semua (harga) minimal akan jatuh paling tidak separuhnya,” kata Jokowi saat penandatanganan kontrak kegiatan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat di Jakarta, Rabu, 6 Januari 2016.

Untuk memastikan proyek tersebut berjalan lancar, Jokowi meminta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat berfokus pada pembangunan jalan ini. Usaha besar perlu dikerahkan dalam mengerjakan beberapa daerah paling sulit di Papua seperti jalur Wamena hingga Nduga. Sehingga, dua daerah tersebut dapat tersambung pada 2018.

“Ini adalah bentuk memperbaiki keseimbangan antara Indonesia Barat, Tengah, dan Timur. Apalagi kesenjangan antara wilayah Timur dengan Barat seperti bumi dengan langit,” kata Jokowi. (Baca juga: Jokowi Minta Proyek Kementerian PUPR Digarap Kontraktor Daerah).

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...