Menteri Perdagangan Prediksi Ekspor Turun 14 Persen

Muchamad Nafi
21 Oktober 2015, 16:22
Menteri Perdagangan Thomas Lembong
Katadata | Arief Kamaludin
Menteri Perdagangan Thomas Lembong

KATADATA - KATADATA - Menteri Perdagangan Thomas Lembong mengatakan target ekspor pada 2015 ini akan turun 14 persen dari tahun lalu. Hal ini dipicu oleh kontraksi ekonomi secara signifikan di beberapa negara mitra dagang Indonesia sehingga ekspor menurun.

Di sisi lain, Lembong memperkirakan kontraksi ekonomi juga menyebabkan impor turun 17 persen. Dampaknya, neraca perdagangan diperkirakan tetap surplus hingga akhir tahun ini.

Bila asumsi tersebut benar, ekspor tahun ini akan lebih rendah dari 2014 yang mencapai US$ 176,2 miliar. Padahal, ekspor tahun lalu juga sudah lebih kecil dari 2013. Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan ekspor pada 2014 turun 3,43 persen dari tahun 2013 sebesar US$ 182,5 miliar. "Ini tahun di mana ekspor dan impor menurun. Kita tetap mengalami trade surplus," kata Lembong di JIexpo, Jakarta, Rabu, 21 Oktober 2015.

Dia juga mengoreksi target pertumbuhan ekspor hingga lima tahun yang dicanangkan pendahulunya, Rachmat Gobel. Pasalnya, saat ini akan lebih bijaksana apabila Kementerian Perdagangan menetapkan target ekspor sesuai yang dibuat oleh Badan Perencanaan Pembangunan Nasional. "Tahun depan itu kita perkirakan tumbuh 6 hingga 7 persen, 2017 baru kita bisa perkirakan di angka belasan persen," kata Lembong.

Pada kesempatan yang sama, Presiden Joko Widodo menginstruksikan Lembong dan para Duta Besar untuk mendongkrak ekspor. Caranya dengan memperluas target ke pasar nontradisional untuk mengganti penurunan ekspor dari negara-negara utama tujuan ekspor Indonesia selama ini.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...