Dubai Port Berminta Garap Proyek Tanjung Api-Api

Muchamad Nafi
12 Oktober 2015, 15:19
Kawasan Industri
KATADATA | Arief Kamaludin
Antrean truk pengangkut batu dalam proses konstruksi kawasan industri terintegrasi Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE) di Gresik, Jawa Timur.

KATADATA - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Sudirman Said mengatakan Dubai Port berminat membangun infrastruktur dan kawasan industri di Tanjung Api-Api, Sumater Selatan. Untuk menunjukkan keseriusannya, investor asal Uni Emirat Arab ini melakukan penjajagan ke Indonesia.

"Hari ini kick off meeting sebagai tindak lanjut dari kunjungan Presiden ke Timur Tengah. Dimulai presentasi Pemda Sumsel kepada Dubai Port Authority Corporation untuk menjajaki kesempatan kerjasama pengembangan kawasan pelabuhan maupun industri," kata Sudirman di Gedung Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan, Jakarta, Senin, 12 Oktober 2015.

Menurutnya, pertemuan tersebut dihadiri Pemerintah Daerah Sumatera Selatan, Dubai Port, Kementerian Perhubungan, Kementerian Luar Negeri, Badan Perencanaan Pembangunan Nasioanal (Bappenas), dan pelaku industri. Proyek Tanjung Api-Api memang sudah lama direncanakan. Di sana sudah disiapkan kereta api, jalan tol, dan master plan pembangunan.

Proyek Tanjung Api-Api merupakan bagian dari tiga proyek pengembangan kawasan di Jawa dan Sumatera dengan nilai Rp 30,5 triliun. Ketiga proyek yang rencananya digarap pada tahun ini yakni kawasan Merak-Bakauheni, Bandar Lampung- Palembang, dan Tanjung Api-Api (MBBPT).

Dalam mengembangkan kawasan Tanjung Api-Api, Dubai Port berbekal pengalaman sebagai operator infrastruktur pelabuhan, salah satunya Jebel Ali Port. Kawasan industri tersebut sangat modern dan tertata rapi. Kawasan semacam itulah, kata Sudirman, yang ingin dibangun di Indonesia.

Halaman:
Reporter: Arnold Sirait
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...