Wisata Bandung Terbaik yang Cocok untuk Keluarga

Siti Nur Aeni
26 Mei 2021, 15:25
Wisata Bandung Terbaik Cocok Untuk Keluarga
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/pras.
Potret danau buatan floating market, salah satu tempat wisata Bandung terbaik.

Wisata Bandung sudah menjadi primadona banyak orang sejak dahulu. Bandung merupakan salah satu kota yang cukup menarik untuk dikunjungi oleh wisatawan dalam atau luar negeri. 

Berdasarkan data Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung, jumlah wisatawan yang mengunjungi kota kembang pada 2020 sebanyak 3,2 juta, naik dari tahun sebelumnya sebanyak 7,4 juta. Angka tersebut terbilang tinggi mengingat kondisi pandemi yang membatasi untuk berwisata.

Namun Bandung masih memiliki daya tarik untuk menjadi tempat wisata di tengah pandemi corona.

Pilihan Wisata Bandung Terbaik

Tempat wisata di Kota Bandung sangatlah banyak. Mulai dari wisata alam, wisata kuliner, sampai wisata budaya semua lengkap tersedia. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi tempat wisata Bandung terbaik yang cocok untuk dikunjungi bersama keluarga.

1. Wisata Dusun Bambu Lembang

Tempat wisata pertama di Kota Bandung yang dapat Anda kunjungi bersama dengan keluarga yaitu Dusun Bambu. Tempat wisata ini berada di Lembang. Dusun Bambu menawarkan berbagai daya tarik, mulai dari wisata alam, wisata kuliner, dan berbagai wahana permainan.

Wisata yang satu ini juga dilengkapi dengan berbagai spot foto yang instagramable. Tarif masuk ke sasna cukup terjangkau yakni hanya Rp 15.000 dan Anda berserta keluarga sudah dapat menikmati berbagai fasilitas yang disediakan oleh pengelola tempat wisata Dusun Bambu ini.

2. Wisata Alam Ranca Upas

Tempat wisata Bandung terbaik lainnya yang dapat anda kunjungi bersama keluarga adalah wisata alam di Ranca Upas. Dengan berwisata di sana dapat menghilangkan penak dari aktivitas sehari-hari. Jika Anda jenuh dengan situasi di kota, berwisata alam dapat menjadi solusinya.

Wisata alam Ranca Upas ini dapat menjadi salah satu destinasi wisata yang dapat Anda kunjungi bersama keluarga. Di sana banyak rusa yang berkeliaran. Tidak hanya itu Anda juga dapat menikmati udara yang sejuk dengan pemandangan hijau yang asri dan nyaman untuk di pandang.

3. Wisata Saung Angklung Udjo

Sudah disebutkan sebelumnya bahwa Bandung memiliki berbagai pilihan tempat wisata. Salah satu pilihan tempat wisata budaya yang dapat dikunjungi bersama keluarga adalah wisata di Saung Angklung Udjo. Di tempat ini, Anda dan keluarga dapat menyaksikan pertunjukan angklung yang indah.

Wisata Bandung yang satu ini juga dapat menjadi tempat belajar bagi anak-anak. Posisinya di Kecamatan Cibeunying Kidul, Kota Bandung. Lokasi yang cukup strategis membuat tempat wisata ini selalu ramai pengunjung terutama saat musim liburan tiba.

4. Trans Studio Bandung

Pilihan destinasi wisata berikutnya yang dapat Anda kunjungi bersama keluarga adalah Trans Studio Bandung. Tempat yang satu ini menyediakan kurang lebih 20 wahana bermain yang berada di dalam ruangan atau indoor, sehingga sangat cocok untuk Anda dan keluarga yang kurang menyukai aktivitas di luar ruangan.

Trans Studio Bandung menyediakan restoran serta Trans Studio Mall yang dapat Anda kunjungi seusai mencicipi wahana di Theme Park tersebut. Lokasi wisata ini cukup strategis yakni di Jl. Jendral Gatot Subroto no 289 A, Cibangkong, Kota Bandung. Jika beruntung, biasanya di tempat ini juga terdapat panggung hiburan yang akan membuat suasana semakin menyenangkan.

5. Wisata Kuliner Floating Market

Tempat wisata Bandung terbaik selanjutnya yakni wisata kuliner di Floating Market. Di tempat ini, Anda dan keluarga dapat mencicipi berbagai jenis kuliner. Tidak hanya makanannya yang enak, tempat ini juga menyediakan pemandangan waduk buatan yang sangat indah dan menyegarkan mata.

Jika sudah puas mencicipi kuliner yang ada di Floating Market, Anda dan keluarga juga dapat mencoba tempat rekreasi lain seperti taman kelinci, mini carnival, kota mini, dan berbagai tempat reksreasi seru lainnya.

6. Farm House Lembang

Pilihan wisata Bandung selanjutnya yakni Farm House Lembang . Jika datang ke tempat wisata ini, anda dapat berinteraksi langsung dengan berbagai hewan ternak yang ada di Lembang Farm House ini. Suasana sejuk dan asri membuat banyak wisatawan betah berlama-lama menghabiskan waktu di tempat ini.

7. Wisata Alam Kawah Putih Ciwidey

Wisata alam yang satu ini sebenarnya berasal dari peninggalan masa lalu. Kawah Putih Ciwidey merupakan kawah bekas penampangan belerang pada masa kolonial Jepang. Keunikan dari kawah yang satu ini adalah airnya berwanya putih seperti kapur. Hal tersebut disebabkan oleh kandungan belerang yang relatif tinggi.

Ketika datang ke tempat wisata Bandung yang satu ini, Anda juga akan menemukan goa Jepang yang diduga dahulu digunakan sebagai opersional penambangan. Goa ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Pemandangan indah dari tempat wisata Kawah Putih Ciwidey cocok untuk tempat hunting foto yang instagramable.

8. Wisata Kebun Strawbery di Ciwidey

Masih di kawasan Ciwidey, rekomendasi tempat wisata selanjutnya yang dapat Anda kunjungi adalah wisata kebun strawbery. Tempat wisata yang satu ini menampilkan luasan kebun strawbery yang indah.

Jika datang bersama dengan anak-anak, tempat yang satu ini cocok untuk belajar, karena di tempat ini Anda dan keluarga dapat langsung memetik buah strawbery dari pohonnya. Hasil panen yang didapatkan dapat Anda bawa pulang dan dinikamti bersama keluarga di rumah.

Hal yang tak kalah menyenangkannya adalah karena strawbery yang ditanam di kebun ini memiliki bentuk yang cukup unik. Bentuknya segitiga dengan ujung buah berbentuk oval. Tentu saja hal tersebut dapat menjadi pengetahuan baru bagi Anda dan keluarga.

9. Maribaya Resort dan Spa Bandung

Salah satu tujuan dari berlibur adalah untuk menghilangkan penat. Banyak tempat wisata yang dapat dijadikan sebagai tempat untuk melupakan segala rasa lelah dari pekerjaan. Wisata Bandung ini dapat dijadikan sebagai tempat untuk menghilangkan penat, yakni Maribaya Resort dan Spa. Di tempat ini, Anda dapat refreshing dan relaxation di waktu yang sama.

Di tempat ini Anda dapat melakukan spa yang akan membuat tubuh menjadi lebih tenang, nyaman, dan juga bugar. Bukan hanya fasilitas spa yang dapat memanjakan tubuh, pemadangan alamnya pun bisa membuat semakin relax dan ingin berlama-lama.

Anda juga dapat mencoba fasilitas menyenangkan lainnya seperti sky bridge atau jembatan gantung yang dibuat dari kayu. Jembatan gantung Maribya Resort dan Spa Bandung ini unik karena berdiri di antara dua tebing. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...