Menkes Budi Peringatkan Corona Varian India Dominasi Sejumlah Daerah

Rizky Alika
14 Juni 2021, 19:15
corona varian india, covid varian india, covid-19, menkes budi, budi gunadi, kudus, bangkalan
ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho/rwa.
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (tengah) berbincang dengan Kepala Puskesmas Jati Ahmad Muhammad (kanan) saat meninjau penanganan COVID-19 di Kudus, Jawa Tengah, Sabtu (5/6/2021).

Lonjakan penularan Covid-19 usai perayaan Lebaran makin terlihat. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, Corona varian India atau B1617.2 telah menyebar di sejumlah daerah seperti Jakarta, Kudus, dan Bangkalan.

Menurutnya, penularan virus varian India lebih cepat dibandingkan varian lainnya. Namun varian tersebut tidak lebih mematikan. “Memang sudah terkonfirmasi varian deltanya atau B1617.2 atau juga varian dari India mendominasi,” kata Budi di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (14/6).

Untuk itu, pemerintah hendak memastikan vaksinasi berjalan dengan baik. Presiden Joko Widodo sudah meminta vaksinasi dipercepat menjadi 700 ribu suntikan per hari mulai Juni ini.

Selanjutnya, Kepala Negara meminta target vaksinasi ditingkatkan menjadi satu juta penduduk pada Juli mendatang. Untuk itu, Jokowi menugaskan TNI dan Polri mendampingi proses pemberian vaksin virus corona tersebut.

Vaksinasi oleh pemerintah daerah ditargetkan mencapai 600 ribu suntikan. Sementara yang digelar TNI dan Polri sebanyak 400 ribu suntikan per hari. Budi akan memastikan pasokan vaskin tetap terjaga.

Di luar intervensi melalui vaksin, Jokowi meminta jajarannya untuk memastikan penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berskala mikro. Protokol kesehatan diperketat pada area dengan aktivitas membuka masker yang tinggi, seperti tempat makan.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...