Menentukan Waktu Terbaik Tes Covid-19: Apakah Tunggu Muncul Gejala?

Amelia Yesidora
4 Februari 2022, 10:55
Petugas medis melakukan rapid tes antigen COVID-19 kepada calon penumpang Kereta Api (KA) di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Senin (21/12/2020).PT Kereta Api Indonesia (KAI) Persero jelang Natal dan Tahun Baru 2021 menerapkan protokol kesehatan ketat moda t
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/aww.
Petugas medis melakukan rapid tes antigen COVID-19 kepada calon penumpang Kereta Api (KA) di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Senin (21/12/2020).

Awal Februari ini Indonesia dibayang gelombang ketiga penyebaran virus Covid-19. Kali ini melalui varian termutakhir yaitu Omicron. Lonjakan kasus varian Omicron ini membuat khalayak was-was dan melakukan tes Covid, rapid test antigen ataupun swab PCR.

Seiring dengan ramainya tes swab ini timbul pertanyaan mengapa ada pasien dengan gejala Covid-19 namun hasil tes antigen menyatakan negatif Covid? Michael Mina, epidemiolog dari Harvard menjelaskan dengan singkat bahwa keadaan itu bukti bahwa vaksin sudah bekerja dalam diri manusia. 

Bukti Vaksin Telah Bekerja 

Mina menjelaskan, apabila seseorang sudah divaksinasi atau sudah pernah terjangkit Covid-19, gejala Covid dapat dirasakan bahkan sebelum hasil tes antigen menyatakan seseorang tersebut positif. Vaksin lebih dulu mengenalkan virus kepada imun tubuh, maka imunitas dapat bekerja dengan cepat, yaitu ketika tubuh terpapar virus.

Imunitas ini bekerja begitu cepat, bahkan sebelum virus sempat bereproduksi lebih banyak. Sementara pada tubuh yang belum mendapatkan vaksin, imunitas begerak lebih lambat, tidak langsung bereaksi pada saat tubuh terpapar virus. Oleh karena itu, virus dapat bereproduksi lebih cepat dan gejala Covid-19 akan muncul lebih lama.

Paparan tersebut menujukkan bahwa pada awal gejala mulai terasa, jumlah virus dalam tubuh manusia masih tergolong rendah untuk terdeteksi oleh tes antigen. Meski tes antigen mendeteksi negatif Covid-19 dalam satu hingga tiga hari pertama setelah gejala terasa, ada kemungkinan tes PCR dapat mendeteksi virus corona tersebut. 

Kapan Waktu Terbaik Melakukan Tes Covid-19?

Bila seseorang sudah divaksinasi, gejala akan muncul lebih cepat dibandingkan seseorang yang belum mendapatkan vaksin. Menurut Mina, hasil positif tes PCR dari seseorang yang mengalami gejala atau telah terpapar virus selama tiga sampai lima hari sudah cukup untuk mengonfirmasi bahwa ia memang positif terjangkiti virus corona. 

Namun apabila seseorang langsung melakukan tes PCR pada hari ia terpapar dan belum merasakan gejala apapun, hasil tes PCR akan menjadi negatif dan tidak akurat dalam mengonfirmasi virus di tubuh manusia. Untuk itu, Mina menyarankan agar tes PCR dilakukan pada hari kelima hingga ketujuh pasca terpapar virus Covid-19, atau sudah mengalami gejala.

Halaman:
Reporter: Amelia Yesidora
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...