Energi Besar Cinta untuk Kebaikan Sesama dan Lingkungan

Image title
Oleh Tim Redaksi
23 Februari 2022, 09:02
Energi Besar Cinta untuk Kebaikan Sesama dan Lingkungan
Katadata | Ajeng Nindias

Kata cinta dengan mudah kita temukan di mana-mana. Buku, majalah, musik, dan film mengangkat cinta sebagai topik bahasan. Kita juga mendengar kata cinta dilontarkan orang lain baik orang tua, pasangan, atau teman lewat kalimat “I love you” atau “Aku cinta kamu”.

Sebenarnya apa cinta itu? Benarkah ia memiliki pengaruh yang besar? Jika jawabannya iya, bagaimana kita bisa mencintai secara benar?

Advertisement

Pada Festival Cinta yang berlangsung di Omah Petroek, Pakem, Sleman, Yogyakarta, Ustaz Fahruddin Faiz dan Pardamean Harapan mengupas soal cinta di “Obrolan Cinta” pada Sabtu (19/02) lalu. Ustaz Faiz menjelaskan ada enam kesan umum yang ia peroleh dari banyak teori tentang cinta.

Pertama, cinta bersifat fitri (fitrah) atau kodrati. Dengan demikian, cinta merupakan anugerah Tuhan kepada manusia yang membuat dirinya punya kemampuan untuk mencintai. Kedua, cinta itu berhubungan dengan pengalaman yang berarti jika ingin tahu soal cinta maka jalan paling sederhana yang dapat dilakukan adalah dengan cara menghidupkan cinta dalam keseharian.

“Kalau orang Jawa punya istilah ngelmu iku kalakone kanthi laku, ilmu itu justru diperoleh ketika kita menjalani laku dan tidak sekadar membaca buku atau berteori. Enggak ada gunanya memiliki informasi macam-macam kalau tidak berkorelasi dengan peningkatan kualitas hidup kita,” katanya.

Ketiga, Ustaz Faiz mengatakan meski cinta berkaitan dengan rasa dan pengalaman tetapi manifestasinya jelas. Oleh karena itu, tindakan jahat yang diklaim berdasarkan rasa cinta tidak dibenarkan sebab perwujudan dari rasa cinta itu tampak. Di titik ini, para filosof lantas sibuk membahas seperti apa tanda cinta itu, semisal apa yang dilakukan dan dihindari seseorang jika dirinya cinta.

Keempat, cinta sangat berpengaruh dalam hidup seseorang sebab dia membentuk juga mengarahkan cara berpikir serta berperilaku. Kelima, Ustaz Ustaz Faiz lantas menyebut bahwa cinta adalah relasi terbaik dengan apapun. Hal ini dikarenakan orang akan kehilangan sifat egoisnya karena cinta.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement