Kidjing and the Black Mamba, Band Gamelan Rok dari Yogyakarta

Image title
Oleh Tim Redaksi
2 Maret 2022, 07:00
Grup musik ini, Kidjing and the Black Mamba, memadukan alat musik karawitan dengan instrumen musik rok.
Katadata | Ajeng Nindias

Band rok yang lekat dengan unsur kekinian sering kali dibedakan dengan grup musik gamelan yang berwarna lebih tradisional. Keduanya tampak memiliki jalan masing-masing.

Kidjing and the Black Mamba berusaha menyatukan rok dan gamelan dalam musik. Perpaduan antara suara saron, kendang, juga bonang dengan alat musik drum, gitar, serta piano keyboard membuat lagu-lagu yang mereka bawakan terdengar unik.

Kidjing, anggota band Kidjing and the Black Mamba, mengatakan grup musik tersebut berdiri pada 2013. Kelompok ini sebenarnya terbentuk karena teater. Sebelum menjadi band musik, ia kerap memainkan musik untuk mengiringi pementasan teater.

“Kami menyebut band ini gamelan rok. Kami membebaskan gamelan dari tanggung jawab budayanya sebagai alat musik Jawa atau alat musik karawitan. Kami padukan dengan instrumen-instrumen musik rok,” kata Kidjing.

Kidjing and the Black Mamba menggarap lagu-lagu modern bergenre pop dan rok dengan gamelan. Selain cover lagu, grup musik ini membuat karya sendiri. Kidjing mengatakan terdapat 12 orang yang memainkan alat musik jika Kidjing and the Black Mamba pentas.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...