Langkah Taktis Mengubah Perilaku Masyarakat

Sorta Tobing
29 Maret 2023, 12:18
pandemi, Covid-19, Gerakan Pakai Masker, katadata25
Katadata/Ilustrasi: Lambok Hutabarat
Ilustrasi Gerakan Pakai Masker

Kampanye 3M berkumandang saat pandemi Covid-19 mulai mengganas. Kepanjangannya adalah memakai masker, mencuci tangan selama 20 detik, dan menjaga jarak minimal satu meter. Terlihat sepele, tapi itu menjadi langkah utama untuk mencegah penyebaran virus corona.

Tanpa peran serta masyarakat, sulit rasanya kampanye ini berhasil. Pemerintah ketika itu berupaya keras mengubah perilaku masyarakat. Di tengah lonjakan kasus, langkah pencegahan menjadi pilihan terbaik.

Salah satu yang berperan besar dalam kampanye itu adalah Gerakan Pakai Masker (GPM). Inisiatornya sejumlah relawan dari kalangan profesional untuk kampanye penggunaan masker di sejumlah ruang publik.

Ketua Umum GPM yaitu bankir senior Sigit Pramono. Selain itu, ada mantan Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo, cendikiawan Mustofa Bisri, budayawan Goenawan Mohamad, dan pendakwah Yusuf Mansur.

GPM sangat aktif berkampanye. Beberapa tokohnya kerap mengedukasi masyarakat melalui berbagai media. Pada akun Instagram @gerakanpakaimasker, terlihat pula kampanye soal pentingnya vaksin, melaksanakan protokol kesehatan, dan tetap aktif saat di rumah.

Dalam berbagai wawancara media, Sigit menyebut pentingnya memakai masker. Pasalnya, langkah awal ini dapat menurunkan risiko tertular virus hingga 75%. “Jika ditambah dua gerakan lain, mencuci tangan dan jaga jarak, akan menjadi 100%,” ucapnya pada Oktober 2020.

Halaman:

Dalam rangka mengapresiasi para tokoh yang berkontribusi besar dalam penanganan pandemi Covid-19, Katadata menyajikan edisi khusus Katadata25. Sebanyak 25 tokoh atau lembaga kami sajikan dalam beragam konten informatif. Simak rangkaian lengkapnya di sini.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...