Pecahkan Rekor 11.11, Transaksi Online Alibaba Capai Rp 458,9 Triliun

Muchamad Nafi
12 November 2018, 02:12
Global Shopping Festival Alibaba
Katadata | Muchamad Nafi

Seperti sudah diprediksikan, pesta penjualan online yang digelar Alibaba Group tahun ini memecahkan rekor baru. Hingga ajang “11.11 Global Shopping Festival” tersebut ditutup pada Minggu pukul 24.00 waktu Shanghai, Cina, total transaksi di merchandise atau Gross Merchandise Value (GMV) dari berbagai penjuru dunia mencapai US$ 30,8 miliar (RMB 213,5 miliar) atau sekitar Rp 458,9 triliun.

Pencapai ini cukup signifikan, 21,7 persen melampaui transaksi tahun lalu dengan total GMV US$ 25,3 miliar atau RMB 168,2 miliar. “Ini adalah perjalanan bersama,” kata CEO Alibaba Group Daniel Zhang kepada sekitar 150 wartawan dari berbagai media dunia termasuk Katadata.co.id usai penutupan ajang belanja online terbesar di Cina itu pada Senin dini hari (12/11/2018) di kawasan Mercedes Benz Arena, Shanghai.

Advertisement

(Baca: Dalam Satu Jam 11.11, Penjualan Online Alibaba Tembus Rp 149 Triliun).

Penjualan yang sama dengan 2017 tercapai pada pukul 15.40. Adapun angka psikologis baru di RMB 200 miliar terjadi satu setengah jam sebelum penutupan pesta diskon belanja online 11.11, yang diperingati sebagai “Single Day”, ini berakhir. Sekitar setengah jam kemudian, sebanyak satu miliar pesanan telah masuk rantai pengantaran.

Menurut Daniel Zhang, keberhasilan ini merupakan paduan dari ekosistem yang dikembangkan Alibaba. Di Tiongkok, masyarakat berbelanja secara online melalui platform Tamall. Adapun di beberapa negara kawasan Asia Tenggara, misalnya, konsumen berbelanja melalui Lazada seperti di Indonesia, Singapura, dan Malaysia. Selain itu, ada perdagangan elektronik dengan AliExpress.

CEO Alibaba Group Daniel Zhang
(Katadata | Muchamad Nafi)

Dengan capaian saat ini, Zhang yakin Alibaba memiliki basis data yang makin kuat sehingga mampu untuk memotret kebiasaan konsumen dalam berbelanja. Dari data itulah raksasa digital dan e-commerce ini akan mengembanagkan produk-produk yang disukai konsumen, seperti perawatan tubuh dan kesehatan.

(Baca juga: Pesta Belanja Lazada 11.11, Handphone Jadi Produk Paling Laris).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement