Pokemon GO Sukses, Nintendo Bangkitkan Konsol Legendarisnya

Replika NES yang berukuran setelapak tangan orang dewasa itu dijual US$ 99,95 atau sekitar Rp 1,3 juta, termasuk satu controller.
Maria Yuniar Ardhiati
15 Juli 2016, 13:00
NES Mini
Youtube

Para penikmat game disuguhi tantangan baru untuk menangkap berbagai pocket monster melalui permainan mobile Pokemon GO sejak pekan lalu. Game ini telah mendongkrak nilai saham Nintendo sebesar 25 persen. (Baca: Pokemon GO Mewabah, Nilai Saham Nintendo Melonjak 25 Persen)

Tak lama berselang, Nintendo mengumumkan rencana untuk kembali menghadirkan konsol legendarisnya yang pernah naik daun sepanjang 1980 - 1990-an. “Nintendo Classic Mini: Nintendo Entertainment System (NES) akan hadir di pasaran mulai 11 November mendatang,” tulis Nintendo dalam situsnya, Kamis, 14 Juli 2016.

Konsol tersebut merupakan replika mini Nintendo yang bisa terhubung dengan kabel high-definition multimedia interface (HDMI) televisi. Ada 30 permainan built-in di dalamnya, termasuk Super Mario Bros, The Legend of Zelda, PAC-MAN, serta Donkey Kong. 

Nintendo merilis miniatur konsol klasik tersebut dengan dilengkapi kabel USB serta satu controller. The Sidney Morning Herald, hari ini, menyebutkan replika NES yang hanya berukuran satu telapak tangan orang dewasa itu akan dijual seharga US$ 99,95 atau sekitar Rp 1,3 juta, termasuk satu controller.

Sementara itu, pemain bisa membeli controller tambahan seharga US$ 19,95 atau sekitar Rp 260 ribu. (Baca: Keuntungan Facebook Melejit Hingga Rp 74 Triliun).

Meski permainan yang dihadirkan merupakan game yang pernah ada sejak tahun 1980-an, perusahaan asal Jepang tersebut tetap ingin menggapai anak muda saat ini yang belum sempat merasakan konsol Wii U besutannya.

Konsol NES mini itu memungkinkan para pemainnya mempertahankan poin dalam game, sehingga tidak akan kehilangan catatan permainan terakhir. Sebelumnya, fitur ini juga dijumpai pada Virtual Console Wii U.

Selain itu, ada kesamaan lainnya antara NES mini dengan Wii. NES mini menggunakan konektor yang sama dengan milik remote Wii. Jadi, gamer yang sudah memiliki Wii bisa menggunakan kabel penghubungnya untuk NES mini. (Baca: Microsoft dan Facebook Bangun Kabel Raksasa Kejar Kecepatan Super).

The Sidney Morning Herald menyebutkan konsol mini ini akan menjadi langkah mudah dan murah bagi penggila game untuk mencoba permainan klasik Nintendo. Dengan harga kurang dari US$ 100, NES mini jauh lebih murah dibanding Virtual Console.

Video Pilihan

Artikel Terkait