Langkah Zero Emisi GoTo Dianugerahi Katadata Green Initiative Awards

GoTo bersama PT TBS Energi Utama Tbk (TOBA) membentuk perusahaan patungan bernama Electrum. Bagian dari komitmen nol emisi perseroan pada 2030.
Image title
Oleh Yandi M. Rofiyandi
1 Desember 2022, 12:40
Group Head of Sustainability, PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk Tanah Sullivan (kiri) menerima piagam penghargaan Katadata Green kategori Teknologi/Transportasi pada acara Regional Summit 2022 di Aryanusa Ballroom, Menara Danareksa, Jakarta Pusat, Kamis (1/12).
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Group Head of Sustainability, PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk Tanah Sullivan (kiri) menerima piagam penghargaan Katadata Green kategori Teknologi/Transportasi pada acara Regional Summit 2022 di Aryanusa Ballroom, Menara Danareksa, Jakarta Pusat, Kamis (1/12).

PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk menerima “Katadata Green Initiative Awards” untuk kategori teknologi dan transportasi. Penghargaan ini merupakan apresiasi kepada perusahaan-perusahaan yang menerapkan berbagai inisiatif untuk meningkatkan dampak positif bagi lingkungan dan menciptakan sistem yang berkelanjutan.

“PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk menerima award karena komitmen zero emissions dan menargetikan transisi energi 100% armada menjadi kendaraan listrik pada 2030,” demikian keterangan Katadata Insight Center (KIC) dalam pemberian penghargaan pada 1 Desember 2022 di Jakarta.

Beberapa hal yang menjadi pertimbangan KIC dalam penghargaan ini di antaranya komitmen dan inovasi perusahaan dalam aksi hijau seperti transisi energi bersih. Demikian juga aksi korporasi dalam merealisasikan langkah produksi yang rendah emisi, pembiayaan berkelanjutan, dan sebagainya.

Selain sektor teknologi dan transportasi, ada tiga kategori lain dalam “Katadata Green Initiative Awards”. Ketiga kategori tersebut yakni perbankan; energi dan pertambangan; dan consumer goods.

Penghargaan ini juga masuk rangkaian Regional Summit 2022. Acara tersebut merupakan kegiatan tahunan Katadata sejak 2020 untuk mempertemukan para stakeholder dari pemerintah pusat, daerah, pelaku bisnis, dan civil society agar berkolaborasi mewujudkan pembangunan daerah berkelanjutan.

Genjot Kendaraan Listrik 

PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk mendapat penghargaan atas komitmen zero emissions dan menargetkan transisi energi 100 % armada menjadi kendaraan listrik pada 2030. Untuk mencapai komitmen nol emisi pada 2030, GoTo bersama PT TBS Energi Utama Tbk telah membentuk perusahaan patungan bernama PT Energi Kreasi Bersama alias Electrum pada November 2021.

Sebagai komitmen awal, nilai investasi yang dikucurkan pada Electrum sebesar $10 juta dari total $1 miliar dalam lima tahun ke depan. Pada Februari 2022, Electrum bekerja sama dengan Pertamina dan Gogoro, pembuat skuter listrik, untuk meningkatkan infrastruktur kendaraan listrik (EV) negara Asia Tenggara dan memasok kendaraan non-emisi ke Gojek. Kolaborasi tersebut termasuk e-bikes Gesits, yang dibuat oleh Wika Industri Manufaktur milik negara.

Electrum menargetkan bisa memasok dua juta unit motor listrik untuk kebutuhan di dalam negeri. Electrum pun telah mengoperasikan 13 stasiun penukaran baterai di Jakarta dan telah memasok 300 motor listrik.

Keberadaan sepeda motor listrik dari Electrum mendapatkan antusiasme luar biasa dari konsumen Gojek. Per 2 Juni 2022, kurang dari lima bulan sejak sinergi uji coba komersial diluncurkan, pemesanan layanan GoRide Electric mengalami kenaikan hingga dua kali lipat. Electrum berhasil mencapai target jarak tempuh satu juta kilometer hanya dalam jangka waktu 3 bulan.

Electrum pun resmi menjadi shuttle motor listrik pertama yang mendukung mobilitas peserta dan panitia dalam rangkaian kegiatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 pada 15-16 November di Bali. Perusahaan ini menyediakan lebih dari 70 motor listrik untuk mendukung kegiatan tersebut.

Selain motor listrik, Elektrum juga menjajaki pengembangan infrastruktur baterai. Untuk itu, Electrum menandatangani pokok-pokok kerja sama terms sheet (Heads of Agreement Terms Sheet) dengan Pertamina New and Renewable Energy (Pertamina NRE), anak usaha PT Pertamina pada 12 November 2022.

Transisi kendaraan listrik tersebut merupakan bagian dari komitmen nol emisi perseroan pada 2030. GoTo pun memperluas komitmen nol emisi berupa komitmen terhadap nol sampah, nol emisi, dan terakhir komitmen terhadap nol hambatan di seluruh ekosistem GoTo. Sasaran Tiga Nol (Three Zeros) telah ditetapkan tercapai pada tahun 2030.

Dalam setiap inovasi dan kegiatan bisnis, GoTo berkomitmen pada tiga hal penting yaitu mencapai pertumbuhan bisnis yang berkualitas dan berkelanjutan, mempercepat profitabilitas perusahaan, serta memperkuat sinergi antar-platform di dalam ekosistem GoTo.

“GoTo akan terus mengoptimalkan keunggulan bersaing (competitive advantage) untuk mendorong kemajuan dan membawa dampak positif bagi seluruh lapisan masyarakat,” kata Andre Soelistyo, Group CEO GoTo dilansir laman GoTo, 10 Juni 2022.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait