Pesawat Hercules Pembawa Alat Kesehatan Tiba di Halim Show
Adi Maulana Ibrahim|Katadata
Image title
Oleh Adi Maulana Ibrahim
24 Maret 2020, 06:10

Foto: Tibanya 9 Ton Alat Kesehatan Pemukul Virus Corona dari Cina

Para prajurit TNI turun dari pesawat lengkap menggunakan masker. Tak lama setelah itu, Hercules yang membawa mereka disemprot cairan disinfektan. Pesawat TNI C-130 yang mendarat di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Senin (23/3/2020) itu baru terbang dari Shanghai, Cina, membawa alat kesehatan untuk menangani virus corona.

Sehari sebelumnya, Hercules sudah mendarat di Lapangan Udara Sadjad Natuna. “Kami harus menerapkan sejumlah prosedur berdasarkan protokol kesehatan WHO terhadap kru, pesawat, dan barang bawaan agar terhindar dari potensi terbawanya virus Covid-19 dari Tiongkok, termasuk isolasi kru pesawat untuk diobservasi kesehatannya,” kata Kasubdispenum Dispenau Kolonel Sus Muhammad Yuris.

(Baca: Produksi Masker dan APD Lokal Terganjal Bea Masuk Bahan Baku)

Beberapa waktu lalu, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menginstruksikan untuk menjemput alat kesehatan terkait penanganan Covid-19 yang dibeli pemerintah. Menurut Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara Marsma TNI Fajar Adriyanto, ada 9 ton alat kesehatan yang diangkut pesawat tersebut. “Pesawat berisi logistik kesehatan telah dibeli oleh pemerintah Indonesia seberat kurang lebih 9 ton,” ujarnya.

Penerbangan misi kemanusiaan tersebut dua kali transit atau short stop yaitu di Lanud Sadjad Natuna dan Bandara Sanya di Hainan, untuk mengisi bahan bakar sebelum mendarat di Bandara Pudong, Shanghai. Kru pesawat Hercules yang dipimpin Letkol Pnb Suryo berjumlah 18 orang menggunakan prosedur kesehatan dengan memakai alat pelindung diri (APD).

Katadata bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 2005 2020 55). Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik di sini untuk info lebih lengkapnya.